Tuesday, February 2, 2021

Reses Tematik Dorong UKM ‘Melek’ Digital


Penjaringan aspirasi atau reses yang dijalankan anggota dewan kini tidak lagi monoton. Dengan mengangkat tematik tertentu terutama terkait kondisi kekinian, jaring aspirasi bisa sekaligus diisi dengan pelatihan. Inisiasi reses tematik salah satunya digulirkan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogya Oleg Yohan. Menurutnya, kehadiran anggota dewan di wilayah harus mampu memberikan manfaat bagi konstituen.

“Pada masa kondisi pandemi cukup tepat jika reses tematik digulirkan,” katanya, Selasa (2/2/2021).

Melalui reses tematik, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan. Dimulai dengan pelatihan, praktek hingga muncul hasil karya yang dihasilkan. Tema yang diangkat pun disesuaikan dengan kapasitas.
Oleg mengaku, sesuai ketugasannya di Komisi B ia mengangkat persoalan UKM yang turut terdampak pandemi. Sehingga melalui reses tematik tersebut ia mendorong pelaku UKM untuk ‘melek’ digital.

“Stakeholder terkait turut dihadirkan. Mulai dari instansi sebagai unsur pemerintah, perbankan sebagai korporasi, pengusaha di sektor swasta maupun perguruan tinggi. Jadi ada semangat Gandeng Gendong yang dibangun,” urainya.

Diakuinya, ekonomi masyarakat di Kota Yogya banyak ditopang oleh aktivitas UKM. Akan tetapi saat pandemi, mereka turut terimbas dampak yang cukup pelik. Dengan begitu harapannya usai reses tematik dapat terus berlanjut khususnya adanya pendampingan dari dinas terkait mulai produksi hingga pemasarannya. Dirinya pun sudah berkomunikasi dengan organisasi perangkat daerah terkait.

Disepakati, Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM siap meneruskan pelatihan bagi pelaki UKM. Sedangkan Dinas Perdagangan pun memiliki tanggungjawab untuk memfasilitasi pemasaran. Saat ini pun telah beroperasi ruang ekonomi kreatif yang berada di rooftop Pasar Prawirotaman. Melalui ruang tersebut tersedia sejumlah fasilitas yang bisa digunakan untuk mendukung pemaran digital bagi pelaku UKM maupun akses perijinan untuk usaha mikronya.

“Alhamdulillah gayung bersambut. Perbankan terutama BPD DIY membuka akses permodalan bagi UKM. Pengusaha pun siap berkolaborasi. Sehingga dalam reses kami memperoleh banyak masukan dan peserta juga mendapatkan manfaat,” tandasnya.



sumber : https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/reses-tematik-dorong-ukm-melek-digital/2/


Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb .

0 comments:

Post a Comment