Sunday, January 10, 2021

Tahun 2021, Pemprov Sumut Ajukan 1,5 Juta Pelaku UMKM Diusulkan Dapat Banpres Produksi Usaha Mikro

PENYEBAB Bansos BLT UMKM Diblokir Bank. Foto penyaluran bansos
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara akan kembali mengajukan 1,5 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Sumut untuk mendapatkan bantuan dari program Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Presiden (Banpres) Produksi Usaha Mikro sebesar Rp 2,4 juta pada tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM, M Ridho Haikal Amal menyebutkan bantuan itu merupakan kelanjutan dari program nasional yang sama pada tahun 2020.

"Program lanjutan di tahun 2021 ini Kementerian Koperasi kembali gulirkan bantuan bagi pelaku UKM, kita tahun ini akan siapkan 1,5 juta pelaku UKM," kata Haikal, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Haikal, nantinya sebanyak 1,5 juta data pelaku UMKM di Sumut itu akan terlebih dahulu dikirim ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk dilakukan proses pengidentifikasian data (cleansing).

"Kita harap cleansing data melalui Disdukcapil, akan sangat membantu kita, sehingga diketahui pelaku UMKM yang akan kita ajukan di 2021, sesuai dengan yang diharapkan," sebutnya.

Ia pun berharap, Disdukcapil mendukung langkah mereka, sehingga saat data 1,5 juta pelaku UMKM di Sumut dikirim ke Kementerian Koperasi dan UKM, seluruhnya dapat diproses dan tidak menjadi persoalan di kemudian hari.

Begitu juga bila muncul pertanyaan dari DPRD Sumut, maka pihaknya memiliki data siapa saja pelaku UMKM yang diusulkan untuk mendapat bantuan tersebut.

"Kita berharap tak ada sebutan buang badan dari salah satu instansi dikarenakan bila nantinya ada persoalan di pelaku UKM," ucapnya.

Haikal pun membeberkan bahwa tahun 2021 Kementerian Koperasi dan UKM akan memberikan bantuan terhadap 20 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yakni 12 juta pelaku UMKM.

"Jadi yang belum dimasukkan tahun lalu, didata tahun 2021 ini," pyngkasnya. 


sumber : https://medan.tribunnews.com/2021/01/09/tahun-2021-pemprov-sumut-ajukan-15-juta-pelaku-umkm-diusulkan-dapat-banpres-produksi-usaha-mikro

0 comments:

Post a Comment