Monday, February 21, 2022

Hotel di Surabaya Gandeng UMKM Bangkitkan Okupansi saat PPKM Level 3

Surabaya - Surabaya menerapkan PPKM Level 3 berdampak ke beberapa sektor. Hotel-hotel di Surabaya membuat inovasi untuk membangkitkan ekonomi. Salah satunya sektor pariwisata dan bisnis seperti UMKM.


Salah satunya yang dilakukan G Suites Hotel Surabaya. Dengan menggandeng UMKM Surabaya saat PPKM level 3, digelar G-Market Festival. Okupansi hotel yang sebelumnya turun sekitar 24%, kini naik dan terisi 100%.

General Manager G Suites Hotel Surabaya, Hassanudin mengatakan PPKM Level 3 ini berpengaruh pada bisnis dan pariwisata. Bahkan, sempat ada pembatalan pesanan kamar sebanyak 25 dari 111 kamar yang ada. Bahkan tak sedikit yang melakukan refund.

"Efeknya terasa. Karena adanya event ini menjadi 100% (Occupancy). Selama 3 hari occupancy kita 100% lebih kemarin malam (Sabtu, 19/2). Positif respons bahwa pergerakan bisnis ada, meskipun tidak signifikan. Ada gatering bisnis, UMKM, komunitas ada celah bisnis yang dilakukan. Pergerakan positif hasilnya juga positif," kata Hassanudin kepada wartawan di G Suites Hotel, Minggu (20/2/2022).

Dengan event UMKM ini, jelas dia,bisa membangkitkan semangat para pelaku usaha bahwa meski pandemi masih bisa bangkit. Tentunya dengan kolaborasi, inovasi dan kreativitas.

"Kita punya tujuan dengan melakukan prokes yang benar agar bisa beraktivitas, bisa event. Mainset pebisnis, pengusaha khawatir dengan keadaan, tapi kalau dengan prokes benar dan ketat, kita bisa. Tapi izin hampir 1 bulan menunggu, tidak segampang itu, diseleksi dulu. Memberi ruang untuk UMKM jangan patah semangat, masih bisa berkreasi," jelasnya.

Ke depannya, tambah dia, pihaknya ingin menggandeng Pemkot Surabaya juga. Apalagi mendekati bulan puasa, bisa menggandeng UMKM dengan Pasar Ramadhan.

"Mungkin bisa kerja sama dengan pemkot di balai kota. UMKM pemkot juga banyak. Kami dari EO dan G Suite membantu dinas koperasi yang membawahi UMKM. Syukur-syukur saat ramadhan ada pasar Ramadhan menggandeng UMKM," ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM minuman Ribira Coffee, Rizky Rahman.Dengan event G-Market Festival bisa membantu perekonomian usahanya saat Surabaya kembali naik ke PPKM level 3.

"UMKM saya pakai sespan stand modif pada motor vespa. Untuk membangkitkan ekonomi, event ini tentunya bagus. Dengan event ini memenuhi target. Hari pertama habis 25 cup, tapi jamnya pendek jam 16.00-20.00 WIB, per cup Rp 15-20 ribu. Memenuhi target dan ekspetasi lah," pungkasnya.

Diketahui, ada 13 UMKM yang digandeng G Suites Hotel Surabaya. Yaitu The Gardener, Ribira Coffe, Tamy Dawet, Tupperware, Sans Kitchen, Minikin, Sambal Rujak Bu Dewan, Mia Cake-Kue Brownis, Nasi Cumi, Baby Pals, Reverseas, Orakle.


Sumber : https://www.detik.com/jatim/bisnis/d-5951001/hotel-di-surabaya-gandeng-umkm-bangkitkan-okupansi-saat-ppkm-level-3

0 comments:

Post a Comment