Monday, February 21, 2022

Gus Ipul Wajibkan Instansi Pemkot Pasuruan Gunakan Produk UMKM Lokal

 


Kota Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta semua perangkat daerah ikut mendorong pemulihan ekonomi. Salah satu langkah konkret yang bisa dilakukan adalah membeli produk UMKM lokal.

"Dalam setiap kegiatan acara dari instansi pemerintah dapat melibatkan produk-produk UMKM potensi lokal. Instansi dapat membeli produk-produk UMKM sebagai konsumsi di waktu acara," ujar Gus Ipul, Senin (21/2/2022).

Hal itu di sampaikan pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah (RKPD) Kota Pasuruan Tahun 2023 di Gedung Gradika. Para tokoh, kiai, ormas, lembaga swadaya masyarakat, akademisi serta masyarakat umum dilibatkan dalam acara yang digelar luring dan daring ini.

Dalam pembahasan RKPD kali ini, Gus Ipul memamaparkan prioritas pembangunan Kota Pasuruan 2023, yaitu Pembangunan Infrastruktur Strategis dan Pemberdayaan Potensi Lokal.

Pembangunan infrastruktur strategis antara lain pengembangan pariwisata terintegrasi, pemenuhan sarana dan prasarana hidup layak. Kemudian penguatan sarana dan prasana sosial kesiapsiagaan dalam bencana, penguatan keberdayaan masyarakat dalam partisipasi pembangunan, pemenuhan dan peningkatan kualitas standar pelayanan minimal, pengembangan antar daerah dalam pengembangan pasar dan reformasi birokrasi yang berkualitas dan layanan publik yang inklusif.

"Untuk pemberdayaan potensi lokal di sini ini yang utama adalah UMKM. Kita akan berikan perhatian yang lebih, yang paling utama memberikan penekanan adalah mengembangkan diversifikasi dan branding industri olahan unggulan," jelas Gus Ipul.

Menurut Gus Ipul, prioritas nasional dan provinsi harus menjadi perhatian dalam menetapkan prioritas Kota Pasuruan.

"Program superioritas pemerintah Kota Pasuruan ini harus linier dengan prioritas nasional maupun provinsi. Kita mengharapkan semua proses ini sesuai dengan ketentuan dan apa yang selama ini menjadi hal-hal yang memang memerlukan ketelitian dan kecermatan," pungkas Gus Ipul.


Sumber : https://www.detik.com/jatim/berita/d-5952745/gus-ipul-wajibkan-instansi-pemkot-pasuruan-gunakan-produk-umkm-lokal

0 comments:

Post a Comment