Danone Indonesia dan Kampus Umas Usman Gelar Webinar UMKM
JAKARTA - Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika
(Sarihusada) bersama Kampus Bisnis Umar Usman menggelar acara webinar
kewirausahaan, spesial bertepatan dengan Hari UMKM Nasional 2021,
webinar pada Kamis, (12/8) diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai
wilayah di Indonesia.
Pandemi berkepanjangan sejak Maret 2020
lalu menjadi pukulan telak untuk sebagian besar profesi kerja masyarakat
Indonesia tak terkecuali pelaku UMKM. Tercatat sebanyak 65 persen
masyarakat mengakui pendapatannya berkurang akibat pandemi Covid-19.
Penurunan pendapatan tersebut salah satunya dikarenakan kehilangan
pekerjaan atau penurunan jam kerja.
Hadir memberikan sambutan,
Lily Zulaeha, Direktur Kampus Bisnis Umar Usman, menyampaikan, “Di
tengah himpitan tersebut, kami memperhatikan ternyata banyak juga
pebisnis baru yang lahir setelah melihat peluang di masa krisis. Mereka
adalah para pejuang keluarga yang mencoba berjuang untuk mendapatkan
penghasilan tambahan atau penghasilan utama yang hilang”.
“Para
UMKM pun saat ini berusaha untuk terus berbenah dan membangun bisnisnya
di masa krisis ini. Jika membangun bisnis di masa non pandemi (normal)
saja bukan hal yang mudah, apalagi di kondisi adaptasi kebiasaan baru
seperti saat ini. Para UMKM pasti butuh tambahan ilmu dan inovasi yang
lebih untuk dapat membangun bisnisnya mengikuti adaptasi kebiasaan
baru”, lanjut Lily.
Sarihusada dan Kampus Bisnis Umar Usman
berkomitmen untuk mendampingi para UMKM dengan berbagai programnya, agar
para UMKM dapat membangun dan meningkatkan penjualan walaupun masih
dalam kondisi pandemi dengan tatanan kehidupan baru sekarang ini.
Dalam
webinar kali ini, tema yang diangkat yaitu Pentingnya Brand dan
Branding Dalam Meningkatkan Penjualan. Pelaku usaha sudah seharusnya
sadar, dalam dunia modern, membesarkan branding dapat memberikan nilai
lebih tinggi daripada hanya mengumpulkan aset-aset fisik. Adanya
kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk para pelaku UMKM dan bisa
menjadi momentum yang pas untuk melakukan branding kepada pelanggan.
Hadir
dalam kesempatan tersebut Karyanto Wibowo,Direktur Sustainable
Development Danone Indonesia, menyatakan bahwa Danone Indonesia
mendukung penuh pengembangan UMKM di Indonesia melalui pelaksanaan
program Damping ini. Dalam webinar ini, turut hadir sebagi Keynote
Speech yaitu Bapak Ari Anindya H, STP, Asisten Deputi Pengembangan
Kawasan, Rantai Pasok Usaha Kecil Menengah, Kementerian Koperasi dan
UMKM RI.
Ari Anindya menegaskan, “Kemenkop UMKM RI sangat
mendukung berbagai program kewirausahaan yang dijalankan Danone
Indonesia bersama Kampus Bisnis Umar Usman. Dengan adanya kegiatan ini
semoga dapat memantik motivasi dan semangat para pelaku UMKM agar terus
tumbuh mandiri dan inovasi. Sehingga perekonomian negara bisa kembali
kuat hingga tahun-tahun kedepannya.”
Webinar Kewirausahaan dengan
tema Branding ini menghadirkan para narasumber professional
dibidangnya. Mereka berbagi ilmu dan pengalaman tentang dunia branding
dan komunitas UMKM yang sangat penting untuk diketahui para
wirausahawan.
Faisal Hasan Basri, Sekjen Komunitas Sahabat UMKM,
dalam pemaparannya turut memberikan pencerahan bahwa kenapa sih sebagai
pelaku usaha kita perlu berjejaring, dan seberapa penting untuk
bergabung dalam sebuah komunitas wirausaha.
“Salah satu yang
dibutuhkan pelaku UMKM saat ini adalah NETWORK, agar brand bisa mencapai
konsumen tepat sasaran. Sehingga bagi seorang pengusaha, wajib hukumnya
memperbanyak kerjasama dan kolerasi dengan seluruh jaringan, salah
satunya bisa melalui komunitas Sahabat UMKM,” jelas Faisal.
Menemani
Faisal, hadir pula Arto Biantoro, Brand Activist dan CEO Gambaran
Brand. Beliau merupakan seorang expert yang juga sudah banyak membantu
para pelaku UMKM untuk membangun brandnya.
“Seorang pebisnis
perlu membangun komunikasi dengan pelanggan. Branding tidak hanya
tentang merk atau nama suatu produk, melainkan lebih dari itu. Branding
harus memunculkan rasa. Maka proses branding tidak akan pernah selesai.
Pengusaha harus terus berinovasi dan melakukan berbagai pendekatan”,
ungkap Arto.
Arto menambahkan bahwa dalam membangun sebuah Brand
harus berfokus pada solusi, tidak perlu buang-buang waktu untuk
memikirkan competitor, lebih baik kita fokus pada masalah dan temukan
solusinya.
Tak Hanya itu, sebagai praktisi bisnis kuliner yang
sudah memiliki brand dan melakukan branding, yaitu Ryan Adham
Angkawijaya, Founder SnazyBoom, yang juga merupakan Alumni Kampus Bisnis
Umar Usman. Ryan tak segan berbagi kisah sukses yang menginspirasi dan
memberikan motivasi untuk para peserta yang merupakan para pelaku UMKM
lokal.
"Branding menjadi kunci yang menjadikan produk atau
bisnis kita terjebak dari perang harga dan meningkatkan loyalitas
konsumen. Dengan begitu, hasil penjualan pun akan meningkat”, Ungkap
Ryan.
Tak hanya selesai dalam webinar hari ini, para peserta
berkesempatan untuk mendapatkan pendampingan bisnis selama 1 bulan, bagi
peserta terbaik. Bertepatan dengan hari UMKM Nasional, Damping
Indonesia memberikan juga banyak hadiah untuk para peserta. Salah
satunya adalah sebuah Aplikasi Pencatatan Keuangan dari Ruang Kolaborasi
Nusantara (RKN) yang merupakan salah satu tenant Damping Indonesia.
Dalam
webinar ini, RKN sekaligus meluncurkan sebuah Aplikasi bernama SILAKU
yang dibuat untuk mendukung pelaku UMKM dalam mengelola keuangan bisnis.
Para peserta webinar berkesempatan mendapatkan Aplikasi SILAKU secara
Gratis.
Sebagai salah satu penyedia hasil produk terbesar di
Indonesia,Danone Specialized Nutrition Indonesia melalui PT Sarihusada
Generasi Mahardhika (Sarihusada), ingin turut mendorong pergerakan roda
perekonomian tanah air. Diantaranya dengan mendukung pertumbuhan serta
kualitas para UMKM di Indonesia.
Sumber : https://m.republika.co.id/berita/qxv2c4380/danone-indonesia-dan-kampus-umas-usman-gelar-webinar-umkm
0 comments:
Post a Comment