Thursday, March 25, 2021

OJK Dorong UMKM Masuk Pasar Modal Lewat Skema SCF

Webinar Investasi 4.0 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ( Smartfm Makassar)

Setelah resmi diperkenalkan belum lama ini, Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi atau dikenal dengan Securities Crowdfunding (SCF) siap mendongkrak inklusi pasar modal dengan melibatkan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Hal itu disampaikan Kepala OJK Sulampua Regional 6 Mohammad Nurdin Subandi, dalam sambutannya saat membuka webinar invstasi 4.0 yang digelar Smartfm Makassar bersama OJK, Selasa (23/3/21) lalu.

Nurdin menuturkan, hadirnya SCF, akan berperan untuk meningkatkan pendalaman pasar modal di masyarakat karena memberikan alternatif sumber pendanaan yang cepat, mudah dan murah bagi generasi muda dan UKM yang belum bankable.

"Seiring dengan pertumbuhan sektor pasar modal dan fintech, security crowd funding dapat menjembatani gap pembiayaan start up company dan UMKM yang belum bankable," ujar Nurdin Subandi.

Nurdin menyebut, target inklusi keuangan pada 2019 sebesar 75 persen telah tercapai, bahkan terlampaui. Presiden Jokowi kemudian menargetkan inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2023.

"Target tersebut menjadi tantangan tersendiri mengingat sebagian besar masih didominasi sektor perbankan. Sedangkan inklusi pasar modal masih rendah," bebernya.

Lewat layanan tersebut, lanjut Nurdin, UMKM berkesempatan untuk mengembangkan usahanya. Melalui skema SCF, UKM bersiap untuk naik kelas dan selanjutnya melantai di bursa.

Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal Kantor Regional 6 Sulampua, Bryen Siregar menambahkan, saat ini telah ada 23 calon peyelenggara yang siap membantu UMKM mendapatkan alternatif sumber pendanaan.

Penyelenggara berizin dan siap menjalankan bisnis SCF berada dalam pengawasan OJK dan pendampingan Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) yang akan membina sekaligus menertibkan apabila terdapat pelanggaran. Oleh karenanya, kepentingan investor pun akan lebih terlindungi.

"Adapun SCF juga dapat menggaet lebih banyak anak muda mengingat sistem yang diciptakan serba elektronik atau tidak memerlukan kehadiran secara fisik. Sehingga, pengeluaran dana anak muda yang selama ini lebih banyak untuk konsumsi bisa terserap di pasar modal," imbuh Bryen.

Dalam webinar tersebut, hadir pula James Wiryadi selaku CEO CrowdDana, salah satu penyelenggara SCF.

Ia mengatakan, CrowdDana fokus awalnya membiayai proyek properti. Sejak kemunculannya, sudah ada dua proyek pembangunan indekos yang berhasil didanai. Nilainya mencapai Rp14,6 Miliar.

Saat ini masih berjalan satu proyek pembangunan lainnya dengan nilai Rp6,8 Miliar.

"Dalam skema equity crowdfunding, besar keuntungan investor akan berbeda di setiap proyek, proporsional berdasarkan banyaknya jumlah saham," jelas James.

Tugas penyedia platform melakukan seleksi ketat terhadap proyek-proyek yang akan melakukan penggalangan dana, termasuk melakukan analisis mengenai potensi bisnis.

Di CrowdDana, kata James, deviden dibagikan secara berkala, sesuai kebijakan proyek antara setiap 3 atau 6 bulan sekali.



sumber : https://www.sonora.id/read/422617598/ojk-dorong-umkm-masuk-pasar-modal-lewat-skema-scf 

0 comments:

Post a Comment