Thursday, March 25, 2021

Menkop UKM: Jika Vaksinasi Covid-19 Sukses, UMKM Sektor Ritel Cepat Bangkit

Menkop UKM Teten Masduki. ©2021 Merdeka.com

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, vaksinasi Covid-19 yang tengah dilakukan pemerintah dapat memulihkan sektor UMKM secara perlahan.

Hal ini sejalan dengan penelitian dari Mandiri Institute yang menyebutkan masyarakat menengah atas masih belum berani untuk melakukan aktivitas ekonomi secara terbuka meski pada temuan awal, belanja masyarakat tercatat meningkat.

"Jika vaksinasi sukses, UMKM di sektor ritel dan pariwisata dipercaya cepat bangkit," ujarnya dalam Temu Nasional Relawan Jokowi, Kamis (25/3/2021).

Teten melanjutkan, para pedagang dan pelaku UMKM khususnya di sektor ritel dan pariwisata akan menjadi prioritas penerima vaksin Covid-19. Setelahnya, pelaksanaan vaksinasi akan meluas hingga seluruh masyarakat menerimanya.

Ditargetkan, vaksinasi massal ini dapat selesai akhir tahun 2021. Dampak herd immunity atau kekebalan kelompok yang dibentuk pasca vaksinasi ini, lanjutnya, diperkirakan akan terbentuk kuartal akhir tahun 2021.

"Pemulihan terjadi ketika vaksinasi dan distribusinya berjalan cepat. Sangat diharapkan juga dukungan untuk menyukseskan program vaksinasi di tengah banyaknya berita hoaks soal vaksinasi ini," tandasnya.


sumber : https://www.merdeka.com/uang/menkop-ukm-jika-vaksinasi-covid-19-sukses-umkm-sektor-ritel-cepat-bangkit.html

0 comments:

Post a Comment