Sunday, February 7, 2021

UMKM Go Online

dokpri

Brebes, Brebes (01/2021), Kuliah Kerja Nyata Tim I Universitas Diponegoro tahun ini dilakukan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan dunia sedang dilanda virus COVID-19 maka UNDIP mengadakan KKN dengan ditempatkan mahasiswa nya di desa masing-masing.

Pandemi saat ini memberikan dampak yang cukup membuat warga merasa rugi dalam segi ekonomi, dengan di tetapkannya peraturan #dirumahajah membuat pendapatan warga Brebes menurun, faktor ekonomi sangat penting diperhatikan dan sangat penting dilakukan pembenahan agar warga mampu bertahan saat pandemi seperti ini. Maka dari itu mahasiswa KKN UNDIP memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bagaimana memasarkan produk mereka di sosial media.

Mahasiswa KKN di kelurahan Brebes memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya secara online di marketplace facebook, status whatsapp, dan lain sebagainya yang mudah di jangkau oleh semua orang, meski jauh sekalipun. Sosialisasi ini dilakukan untuk memulihkan ekonomi warga RT 006/019 yang terpuruk akibat dampak dari pandemi. Dalam sosialisasi dan edukasi tersebut mahasiswa KKN kelurahan Brebes memberikan bagaimana cari membuat facebook, memasarkan produknya di grup marketplace,memasarkan produk di grup whatsapp yang mencakup banyak orang serta memberikan sosialisasi keuntungan yang didapat ketika memasarkan produknya secara online, yaitu produk akan dilihat dan dapat dijangkau oleh banyak konsumen sehingga akan menambah pendapatan para UMKM.

Pembenahan UMKM untuk GO-Online memberikan pengetahuan baru dan pengalaman baru bagi warga Brebes untuk belajar memasarkan produknya secara online, hal ini dapat dilakukan saat pandemi maupun setelah pandemi berakhir.


sumber : https://www.kompasiana.com/kingking11334/60207ffa8ede48555e11aeb2/umkm-go-online
 

0 comments:

Post a Comment