Tuesday, February 2, 2021

Dongkrak Sektor Kerajinan Rotan Pengrajin di Kapuas, Ini Upaya Disdagperinkop

Kabid Industri Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Ferdinan Junarko saat memantau pelatihan menjahit tas rotan modifikasi kulit

Sektor kerajinan rotan di Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengalami penurunan pesanan saat masa pandemi covid-19. Terutama untuk memproduksi tikar dari rotan yang diekspor melalui Banjarmasin.

Kepala Bidang Industri Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Ferdinan Junarko, mengungkapkan untuk pesanan-pesanan tahun lalu pun ada yang belum sempat diekspor atau dikirim sehingga tikar-tikar ini masih ada pada pengrajin.

Kemudian upaya sekarang dari Pemerintah Daerah walaupun di masa Covid-19, yaitu pihaknya tetap memberikan kesempatan membina pengrajin-pengrajin yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Beberapa waktu yang lalu kami sempat melakukan pelatihan bekerja sama dengan tenaga instruktur dari Yoygakarta, untuk pelatihan menjahit tas rotan modifikasi kulit," ujarnya Selasa (2/2/2021).

Sehingga, lanjutnya, dapat menumbuhkan kembali semangat para pengrajin supaya dapat terus memproduksi, untuk memulihan kembali permintaan terhadap produk-produk dari rotan

Ia pun menyampaikan untuk produksi rotan yang sudah terbentuk, terdapat di Desa Pulau Telo Baru maupun Desa Pulau Telo Lama dan ada juga yang langsung memasarkan produk ini.

Tepatnya di Kecamatan Kapuas Barat khususnya Kelurahan Mandomai dan Desa Saka Mangkahai.

"Harapan kami, pengrajin yang sudah dibina serta ada juga bantuan dari Pemerintah Daerah, baik itu dalam bentuk peralatan teknologi sehingga nantinya bisa terus mengembangkan produksinya sebab produk dari rotan ini sangat menjanjikan," pungkasnya.


sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/02/02/dongkrak-sektor-kerajinan-rotan-pengrajin-di-kapuas-ini-upaya-disdagperinkop



Kata siapa UMKM tidak perlu melek keamanan siber (cybersecurity) ? Kami akan membahasnya bersama pak Didi Nurcahya, ITIL®, GSEC - di 16 Feb 2021, pastikan anda terdaftar di https://s.id/eventcerdas16feb .

0 comments:

Post a Comment