Sambut Ultah Ke-12, Tokopedia Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM
JAKARTA – Sambut ulang tahun ke-12, Tokopedia mendorong percepatan digitalisasi melalui inisiatif Hyperlocal.
Salah satu inisiatif hyperlocal percepat digitalisasi UMKM lokal adalah melalui kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
Menurut
Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia,
Emmiryzan, langkah ini dilakukan untuk membantu para pedagang di pasar
tradisional berbagai daerah menggunakan teknologi sebagai adaptasi di
tengah pandemi.
“Langkah ini dilakukan untuk membantu para
pedagang di pasar tradisional berbagai daerah dalam memanfaatkan
teknologi agar mereka bisa tetap beradaptasi terutama di tengah
pandemi,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah
Tokopedia, Emmiryzan secara virtual, Kamis (5/8/2021).
Emmir
menjelaskan, program hyperlocal juga bantu mempermudah masyarakat penuhi
kebutuhan dengan terjangkau, tidak hanya kepada UMKM lokal, tetapi juga
masyarakat secara umum.
“TokoMart, misalnya, yang mengusung
teknologi geo-tagging, memungkinkan masyarakat mengakses produk
kebutuhan sehari-hari, mulai dari produk sembako hingga kebutuhan rumah
tangga lainnya, dari penjual terdekat sehingga berbelanja bisa lebih
efisien,” kata dia.
Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX)
Tokopedia, Ivander Wijaya mengatakan, inisiatif Hyperlocal yang
diluncurkan pertengahan 2020 ini telah mendorong peningkatan transaksi
di Tokopedia selama kuartal II tahun 2021 dibanding kuartal II tahun
2020.
Di Jabodetabek misalnya, kategori Kesehatan dan Perawatan
Diri, Fashion, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan dan Otomotif
menjadi paling laris.
Sedangkan di Palembang, kategori Ibu dan
Anak serta Fesyen Anak, Fashion, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan
dan Minuman serta Kecantikan merupakan kategori dengan pertumbuhan
paling pesat selama kuartal 2021 dibandingkan kuartal II tahun 2020.
“Pemerataan
ekonomi secara digital di Indonesia bisa terwujud jika masyarakat dari
seluruh penjuru punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk
kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, bahkan di
tengah pandemi ini,” ungkap Ivander.
Saat ini, TokoMart sudah
tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan hingga Surabaya dan
akan terus merambah kota-kota lainnya.
Masyarakat juga bisa dengan lebih mudah dan aman memenuhi kewajiban perpajakan lewat Tokopedia.
Untuk
meningkatakn literasi digital, Tokopedia juga menggandeng Kemenkeu RI
dan pemerintah daerah, untuk memudahkan masyarakat membayar PBB online,
E-Samsat hingga lebih dari 900 jenis penerimaan negara lainnya dari
genggaman tangan.
Sumber : https://money.kompas.com/read/2021/08/05/205000826/sambut-ultah-ke-12-tokopedia-dorong-percepatan-digitalisasi-umkm
0 comments:
Post a Comment