Tuesday, August 24, 2021

Sambut Ultah Ke-12, Tokopedia Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM

 

Sambut Ultah Ke-12, Tokopedia Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM

 JAKARTA – Sambut ulang tahun ke-12, Tokopedia mendorong percepatan digitalisasi melalui inisiatif Hyperlocal.

Salah satu inisiatif hyperlocal percepat digitalisasi UMKM lokal adalah melalui kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Menurut Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan, langkah ini dilakukan untuk membantu para pedagang di pasar tradisional berbagai daerah menggunakan teknologi sebagai adaptasi di tengah pandemi.

“Langkah ini dilakukan untuk membantu para pedagang di pasar tradisional berbagai daerah dalam memanfaatkan teknologi agar mereka bisa tetap beradaptasi terutama di tengah pandemi,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan secara virtual, Kamis (5/8/2021).

Emmir menjelaskan, program hyperlocal juga bantu mempermudah masyarakat penuhi kebutuhan dengan terjangkau, tidak hanya kepada UMKM lokal, tetapi juga masyarakat secara umum.

“TokoMart, misalnya, yang mengusung teknologi geo-tagging, memungkinkan masyarakat mengakses produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari produk sembako hingga kebutuhan rumah tangga lainnya, dari penjual terdekat sehingga berbelanja bisa lebih efisien,” kata dia.

Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Ivander Wijaya mengatakan, inisiatif Hyperlocal yang diluncurkan pertengahan 2020 ini telah mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia selama kuartal II tahun 2021 dibanding kuartal II tahun 2020.

Di Jabodetabek misalnya, kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fashion, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan dan Otomotif menjadi paling laris.

Sedangkan di Palembang, kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Fashion, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman serta Kecantikan merupakan kategori dengan pertumbuhan paling pesat selama kuartal 2021 dibandingkan kuartal II tahun 2020.

“Pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia bisa terwujud jika masyarakat dari seluruh penjuru punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, bahkan di tengah pandemi ini,” ungkap Ivander.

Saat ini, TokoMart sudah tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan hingga Surabaya dan akan terus merambah kota-kota lainnya.

Masyarakat juga bisa dengan lebih mudah dan aman memenuhi kewajiban perpajakan lewat Tokopedia.

Untuk meningkatakn literasi digital, Tokopedia juga menggandeng Kemenkeu RI dan pemerintah daerah, untuk memudahkan masyarakat membayar PBB online, E-Samsat hingga lebih dari 900 jenis penerimaan negara lainnya dari genggaman tangan.

Sumber : https://money.kompas.com/read/2021/08/05/205000826/sambut-ultah-ke-12-tokopedia-dorong-percepatan-digitalisasi-umkm

0 comments:

Post a Comment