Dorong UMKM Kuliner Berkembang, GrabFood Gelar GrabNEXT
JAKARTA - GrabFood menyelenggarakan GrabNEXT, konferensi inovasi bisnis
F&B tahunan kedua bagi mitra merchant. Konferensi dilakukan sebagai
bentuk komitmen dalam mempertahankan inisiatif pemberdayaan untuk UMKM
Indonesia.
Country Managing Director Grab Indonesia Neneng
Goenadi mengungkapkan, dalam acara tersebut Grab meluncurkan laporan
tren kuliner pertama yang menampilkan tren lanskap kuliner online, dan
insight bisnis untuk membantu para pelaku bisnis memahami kebutuhan
konsumen yang terus berubah dengan lebih baik.
“Acara GrabNEXT
ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan bisnis merchant, membawa
pertumbuhan bisnis ke level berikutnya, agar bisnis kuliner tetap
relevan dengan berbagai tren dan kebutuhan konsumen yang terus berubah,”
ujar Neneng secara virtual, Jumat (6/8/2021).
Neneng mengatakan,
pada tahun 2020 sebanyak 600.000 UMKM secara regional bergabung untuk
pertama kalinya di platform Grabfood dan Grabmart. Di dalam survei, dia
bilang 33 persen dari mitra merchant merupakan palaku usaha yang baru
pertama kali berjualan online.
Namun Neneng juga mendapati
pertumbuhan nilai transaksi merchant UMKM naik 31 persen pada 2020.
Melalui pertumbuhan tersebut, Grab menginisiasikan GrabNEXT, sebagai
bentuk komitmen dalam mempertahankan inisiatif pemberdayaan UMKM
Indonesia.
“Di Indonesia, mulai tahun ini Grab meluncurkan
inisiatif yang ditujukan membantu mitra merchant melalui periode yang
menantang seperti program Apresiasi Mitra, Duta Perwira, informasi dan
edukasi, serta solusi pemasaran,” ungkap dia.
Apresiasi yang
diberikan kepada mitra merchant berupa cashback dari total pendapatan di
platform GrabFood. Melalui program tersebut, cashback yang diperoleh
mitra merchant yang berpartisipasi akan diberikan berdasarkan performa
bulanan.
Sementara program Duta Perwira yaitu perkumpulan
wirausaha. Grab melakukan pendekatan komunitas mitra merchant di
platform GrabFood agar dapat berbagi belanja dan menginspirasi satu sama
lain sehingga mnjadi pemimpin komunitas wirausaha di bidang kuliner.
“Hari
ini sebagai bentuk komitmen kami untuk memberikan informasi dan edukasi
, kami meluncurkan laporan tren kuliner pertama kami, khusus untuk para
mitra merchant Grab,” jelas dia.
Laporan tren kuliner pertama
ini bertemakan inovasi untuk kebutuhan konsumen yang berubah. Laporan
ini akan memberikan analisa mendalam mengenai prilaku konsumen, tren
kuliner, dan juga strategi penjualan yang dapat digunakan untuk
meningkatkan kapasitas bisnis para merchant.
Laporan ini disusun 6
bulan dan berisikan informasi dari 13.000 responden di tingkat
regional, wawancara dengan 14 ahli di bidang F&B, dan juga data-data
dari platform Grab. Dalam menyajikan laporan, Grab juga bekerja sama
dengan lembaga penelitian NielsenIQ untuk melakukan survei kuantitatif
dan kualitatif.
Grab juga meluncurkan sejumlah fitur dan solusi
bisnsi, yang terinspirasi dari masukan para mitra merchant yang akan
menunjukkan data penjualan, performa operasional, serta segmentasi
konsumen. Ada juga solusi pemasaran terbaru, untuk memudahkan para mitra
menchant mencapai target pemasaran dengan menggunakan gabungan fungsi
pemasaran dan juga kampanye GrabFood.
“Masa depan bisnsi kuliner
di Indonesia memiliki banyak potensi. Moda pemesanan online dan dine in
ini akan terus berjalan berdampingan terutama setelah kita keluar dari
pandemic Covid-19. Kami berharap, acara ini dapat memberikan nilai lebih
untuk para mitra merchant serta membantu mengembangkan bisnsis kuliner
bagi mitra merchant baru, maupun yang sudah lama,” kata dia.
Sumber : https://money.kompas.com/read/2021/08/06/210500826/dorong-umkm-kuliner-berkembang-grabfood-gelar-grabnext?page=all
0 comments:
Post a Comment