Wednesday, April 28, 2021

Pengembangan Ekonomi Digital Harus Sejalan dengan Perlindungan UMKM


Jakarta, Beritasatu.com- Pengembangan ekonomi digital harus sejalan dengan perlindungan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hal ini menyikapi banyaknya produk impor yang dijual melalui platform digital dengan harga murah, sehingga produk UMKM kalah bersaing. Oleh karena itu produk UMKM dalam negeri didorong untuk menjadi bagian dari rantai pasok baik dalam negeri maupun global.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan UMKM dalam negeri terus dikembangkan agar dapat melahirkan wirausaha baru yang jauh lebih produktif sehingga memiliki bersaing dengan produk luar negeri. “Karena di dalam negeri pun sekarang produk UMKM harus bersaing dengan produk-produk yang dijual oleh e-commerce cross-border. Belum lama ini kan kita ribut mengenai harga kerudung di e-commerce cross-border hanya Rp 1.000, padahal ongkos produksi kerudung di dalam negeri sudah Rp 17.000,” ucap Teten dalam acara Penandatangan Perjanjian Kerjasama Pembiayaan antara Deputi Bidang Usaha Mikro dengan Penyalur KUR, di Jakarta pada Rabu (28/4/2021).

Teten mengatakan Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja sudah mengatur kemitraan usaha besar dengan usaha kecil dalam rantai pasok. Dengan adanya pendampingan akan melahirkan transfer teknologi dan pengetahuan dari usaha besar ke usaha kecil. “Banyak negara maju yang UMKM-nya berhasil naik kelas justru yang terhubung dalam rantai pasok ini. Ini yang kita akan kembangkan supaya bisa melahirkan wirausaha baru yang jauh lebih produktif,” ucap Teten.

Pemerintah menaruh perhatian besar kepada UMKM. Pasalnya, UMKM menjadi dinamisator pertumbuhan ekonomi domestik ketika ekonomi global sedang lesu. Sedangkan usaha besar biasanya menunggu dulu situasi ekonomi dunia untuk melanjutkan produksi. “Kalau UMKM gak bisa nunggu karena berkaitan dengan dapur harus terus ngebul. Di sinilah kelebihan UMKM yaitu menjadi dinamisator ketika ekonomi lesu,” ucapnya.

Sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/767097/pengembangan-ekonomi-digital-harus-sejalan-dengan-perlindungan-umkm 

0 comments:

Post a Comment