Wednesday, March 31, 2021

Swasta Bantu UMKM Bangkit dari Pandemi, Begini Caranya

Foto: Grandyos Zafna

Pandemi COVID-19 telah memberi dampak besar bagi dunia usaha, tak terkecuali UMKM. Di sisi lain, pandemi juga mendorong adanya tranformasi digital.

UMKM pun dihadapkan pada tantangan sekaligus peluang atas kondisi tersebut. UMKM perlu meningkatkan keterampilan dan daya saing khususnya di digitaliasi. Bantuan dari pihak swasta pun diperlukan agar percepatan pemulihan UMKM bisa dilakukan.

"Kami senantiasa menjalankan komitmen untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing UMKM secara terpadu dan menyeluruh. Khususnya dalam hal digitalisasi, kami antara lain membantu meningkatkan literasi digital serta mengembangkan aplikasi AYO SRC untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing toko kelontong tradisional," kata Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Mindaugas Trumpaitis dalam keterangannya Rabu (31/3/2021).

Untuk mengembangkan UMKM, Sampoerna memiliki program Sampoerna Retail Community (SRC) dan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC). Diluncurkan pada tahun 2008, saat ini SRC telah merangkul lebih dari 130.000 pemilik toko kelontong yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Melalui program ini, Sampoerna memberikan pendampingan kepada pemilik toko kelontong SRC tentang manajemen bisnis dan rantai suplai, strategi pemasaran, pelatihan tentang pemanfaatan platform online seperti media sosial dan e-commerce, peningkatan literasi digital, hingga cara membina relasi yang baik dengan pelanggan.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing pemilik toko kelontong SRC, Sampoerna mengembangkan aplikasi digital AYO SRC yang diluncurkan pada tahun 2018. Aplikasi AYO SRC merupakan terobosan inovatif yang menghubungkan pemilik toko kelontong SRC di seluruh Indonesia dengan mitra penyalur, seperti pedagang grosir, serta juga dengan para konsumen secara online.

Selain itu, nilai tambah lain dari aplikasi AYO SRC antara lain adalah Pojok Bayar untuk e-payment, AyoKasir untuk membantu manajemen stok barang, dan yang terbaru adalah Pojok Modal.

"Melalui Pojok Modal, kami berupaya memfasilitasi para pemilik toko kelontong SRC dengan institusi permodalan yang kredibel, sehingga mereka bisa memanfaatkan skema pay-later untuk menjaga stok barang dan membuat bisnis tetap berjalan," ujarnya.

Sementara, Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang didirikan pada tahun 2007 di Pasuruan, Jawa Timur. Melalui SETC, Sampoerna memberikan pelatihan kewirausahaan dan pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan usaha. Sejak situasi pandemi berlangsung, SETC berfokus pada kurikulum tentang pemasaran online dan penggunaan media sosial untuk bisnis.

"Kami percaya bahwa komunitas yang berdaya dan inovatif yang didasarkan pada riset mendalam serta praktik bisnis yang baik, akan menjadi kunci dalam memberikan dampak sosial-ekonomi yang lebih besar dan berkelanjutan di Indonesia," tutup Mindaugas.


sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5515667/swasta-bantu-umkm-bangkit-dari-pandemi-begini-caranya
 

0 comments:

Post a Comment