Sunday, February 7, 2021

Pulihkan Ekonomi Nasional, Wabup Lutim Ajak Warga Beli Produk UMKM


Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam bersama Manajemen PT. Vale Indonesia, Kepala Koperasi PT.Vale dan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan menghadiri peluncuran Gerakan Belanja Produk (Gebrak) UMKM yang berlangsung di Galeri Kareso Sorowako, Minggu, (07/02/2021).

Kegiatan yang juga dilakukan secara virtual bertemakan, “Buktikan Pedulimu, Ayo Belanja Produk Lokal” juga dihadiri Kementrian Koperasi & UKM, Kementrian Desa & PDTT, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Direksi PT. Vale Indonesia, serta para pelaku UMKM Luwu Timur.


Ketua Asosiasi UMKM Mutiara Timur, Hasidah S Lipung mengatakan, saat ini Asosiasi UMKM Mutiara Timur telah memiliki sebanyak 2.000 lebih UMKM binaan yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Sulsel. Dari total UMKM binaan tersebut, UKM Kareso Sorowako adalah salah satunya yang merupakan binaan dari PT. Vale Indonesia.

“GEBRAK UMKM diinisiasi untuk membantu promosi dan memperluas akses pasar produk-produk UMKM binaan PT Vale. Sebagian besar para pelaku usaha UMKM tersebut adalah kelompok perempuan yang turut meningkatkan kesejahteraan keluarga serta menggerakkan ekonomi dan pembangunan di Luwu Timur,” Hasidah.

Sementara itu, Irwan Bachri Syam menyatakan turut mendukung Gebrak UMKM yang digagas oleh UKM Mutiara Timur bersama PT. Vale Indonesia.
Menurutnya, perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi salah satu sektor yang paling terdampak akibat adanya wabah covid-19 karena supply dan demand serta rantai pasok terganggu sehingga menekan pertumbuhan ekonomi Nasional.

Wabah Covid–19 menyebabkan hampir semua lini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah mengalami kesulitan dari data Bappenas menunjukkan bahwa 92% UMKM dari 64,18 Juta unit UMKM terdampak akibat adanya wabah ini.

“Salah satu wujud Implementasi dari upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sebagai langkah mendukung fase pemulihan ekonomi pasca terdampak pandemi Covid-19. Dengan ikut membeli produk UMKM Luwu Timur, kita turut andil dalam menyelamatkan ekonomi kerakyatan dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebagai langkah mendukung fase pemulihan ekonomi pasca terdampak pandemi Covid-19,” ungkapnya.

“Harapan kami semoga produk lokal Luwu Timur kedepan bisa menjadi sebuah ikon daerah dan sekaligus sebagai salah satu ciri khas kepariwisataan nantinya,” tambahnya

Gebrak UMKM diresmikan Wakil Bupati Luwu Timur dan dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU antara Koperasi PT. Vale Indonesia dan Galeri UKM Kareso, bersama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Wakil Bupati Luwu Timur juga memberikan apresiasi kepada Asosiasi Petani SRI Organik (APSO) Luwu Timur yang telah menerima Sertifikat Pertanian Organik jenis Beras (Putih dan Merah) dari lembaga Indonesian Organic Farming Certification (INOFICE).



sumber : https://inikata.com/2021/02/08/pulihkan-ekonomi-nasional-wabup-lutim-ajak-warga-beli-produk-umkm/

0 comments:

Post a Comment