Sunday, February 7, 2021

PT Vale Indonesia Kerjasama dengan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulsel

PT Vale Indonesia Tbk bekerjasama dengan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan Gerakan Belanja Produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau disingkat Gebrakan UMKM di Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Minggu (7/2/2021).

PT Vale Indonesia Tbk bekerjasama dengan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan Gerakan Belanja Produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau disingkat Gebrakan UMKM di Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Minggu (7/2/2021).

Gebrakan UMKM diinisiasi untuk membantu promosi dan memperluas akses pasar produk-produk UMKM binaan PT Vale. Kemitraan untuk pengembangan UMKM yang dilakukan sejak tahun 2018 telah membina 584 pelaku UMKM di Luwu Timur.

Dari jumlah tersebut, sekitar 86 persen pelaku usaha UMKM adalah kelompok perempuan yang menandakan adanya keterlibatan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga serta menggerakkan ekonomi dan pembangunan di Luwu Timur.

Pendampingan terhadap pelaku UMKM tidak hanya pelatihan, melainkan ditindaklanjuti dengan membantu memperkuat akses permodalan dan pasar bagi produk-produk UMKM.

Selain membangun Galeri Kareso di Kecamatan Nuha yang menampung berbagai jenis produk UMKM binaan, seperti makanan ringan, bumbu dapur, produk herbal, kerajinan tangan, dan aneka produk olahan hasil perikanan yang berasal dari Danau Towuti dan Teluk Bone di Malili.

Kemitraan tersebut telah berhasil mengantarkan puluhan produk UMKM binaan untuk menembus pasar Makassar dan sekitarnya, Toraja, Palopo, dan Morowali, serta beberapa produk unggulan UMKM binaan yang sedang dalam proses kerja sama dengan pihak hotel dan ritel modern di Sulawesi Selatan.

Menteri Koperasi dan UKM, Tetan Masduki dalam sambutannya secara virtual mendorong peningkatan belanja produk UMKM untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

"UMKM adalah penggiat ekonomi yang paling handal. Saya sangat mengapresiasi upaya kolaborasi pihak swasta dan asosiasi UKM menjadi mitra strategis untuk memberikan tempat bagi para pelaku UMKM memasarkan produknya dan mendukung kebangkitan UMKM," kata Teten.

Hal senada diutarakan Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa (Kemendes PDTT), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini.

"Saya sangat salut dengan komitmen PT Vale terhadap program pengembangan masyarakatnya khususnya di sektor ekonomi kerakyatan. PT Vale konsisten memberikan dukungan pendampingan mulai dari perencanaan sampai dengan pemasaran,”kata Harlina.

Lebih lanjut, Harlina juga berharap pengembangan UMKM ini bersinergi dengan program KemendesPPT terkait produk unggulan desa (Prudes) dan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) melalui penguatan Bumdes dan Bumdes Bersama.

Sementara itu, Direktur Support & Site Services PT Vale, Agus Superiadi mengatakan keterlibatan perusahaan dalam mengembangkan UMKM adalah bagian dari upaya menciptakan shared value untuk memajukan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat terutama di sekitar wilayah operasi perusahaan.

"Dalam hal mewujudkan kemandirian masyarakat, PT Vale hanya bertindak sebagai katalis. Artinya, kami sebagai entitas swasta hanya memberikan dukungan yang diperlukan, berupa pendampingan dan pembinaan dari hulu ke hilir. Begitu pula pihak pemerintah yang mendukung dari aspek kebijakan maupun sarana-prasarana,"

Namun aktor utamanya adalah para pelaku UMKM sendiri yang menentukan tingkat keberhasilan dan kesuksesan usaha mereka," tuturnya.

Prosesi peluncuran Gebrakan UMKM ditandai dengan finger scan oleh Bupati Luwu Timur Irwan Bahri Syam, disaksikan secara virtual oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan-Kemendes PDTT, Ir Harlina Sulistyorini, Wakil Gubernur Provinsi Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sulsel, Abd Malik Faisal, Presiden Direktur PT Vale Nico Kanter, Direktur Support dan Site Sevices Agus Superiadi, dan Camat Nuha Aswan Azis.

Acara dtutup dengan penandatanganan Kerjasama antara UKM Kareso dengan Koperasi Karyawaan PT Vale. Setiap bulannya anggota koperasi akan mendapatkan voucher belanja produk UMKM hingga Rp 300 ribu.

Sebagai adaptasi di masa new normal ini, penjualan produk-produk UMKM Luwu Timur tersebut juga telah mengadopsi pemasaran digital. Jadi, bagi masyarakat yang ingin belanja produk-produk UMKM Luwu Timur dapat memesan secara online.



0 comments:

Post a Comment