Thursday, January 21, 2021

3 faktor ini bisa bangkitkan UKM di 2021


​Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia pada tahun 2020, berdampak besar pada aktivitas ekonomi dan bisnis termasuk UKM di seluruh Indonesia.

Melihat perkembangan kondisi ekonomi dan bisnis yang mempengaruhi kondisi UKM di Indonesia tersebut, KoinWorks sebagai platform Super Financial App yang fokus menghadirkan inovasi & solusi finansial bagi UKM melakukan penelitian ​Digital SMEs Confidence Index/Indeks Keyakinan UKM Digital kuartal keempat 2020 untuk memperoleh pandangan pemilik UKM tentang bagaimana mereka menghadapi lingkungan bisnis selama tahun pandemi 2020, faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan mereka, serta pandangan mereka terhadap bisnis setelah pandemi.

Hasil dari penelitian ini pun kembali membuktikan bagaimana inovasi, digitalisasi serta dukungan finansial menjadi beberapa faktor pendorong untuk UKM dapat beradaptasi di masa pandemi sepanjang 2020 serta untuk menyongsong optimisme pertumbuhan & perbaikan positif untuk tren bisnis UKM di 2021.

“Sebagai pemain fintech yang fokus kepada UKM Digital di Indonesia, penelitian Digital SMEs Confidence Index yang KoinWorks lakukan kepada 1.188 pelaku UKM Digital di 34 provinsi di Indonesia ini juga merupakan bentuk dari upaya KoinWorks memanfaatkan jaringan UKM yang kami miliki untuk mengetahui keyakinan bisnis UKM Digital di tengah adanya pandemi COVID-19 juga perkembangan industri yang berubah. Selain itu melalui penelitian ini KoinWorks juga berupaya untuk melihat insight-insight lain yang dapat digunakan juga pada industri-industri lain kedepannya. Beberapa hasil atau ​insight yang kami temukan diantaranya adalah terkait inovasi bisnis, digitalisasi & aspek finansial yang menjadi faktor-faktor penting yang mempengaruhi keyakinan bisnis UKM Digital sepanjang tahun 2020 dan menyongsong peluang di tahun 2021,” kata Chief Marketing Officer KoinWorks Jonathan Bryan.

Di periode pandemi COVID-19 karena adanya perubahan perilaku dari pelanggan, bisnis UKM pun ikut menerima pengaruhnya.

Pada survei yang KoinWorks lakukan diketahui 89.2% pemilik UKM setuju bahwa pandemi ini sangat memberikan dampak kepada bisnis mereka, baik secara positif maupun negatif. Selain itu, 33.2% pelaku bisnis juga sempat mengalami penurunan penjualan mulai dari 31% - 75%. Melalui penelitian ini KoinWorks pun berhasil melihat bisnis dari segmen mana saja yang terdampak signifikan & mencari insight untuk menanggulangi penurunan sales tersebut.

Pandemi COVID-19 pun memaksa pelaku bisnis UKM Digital untuk dapat bertahan, salah satunya melalui digitalisasi. Pada laporan diketahui pula bahwa pelaku UKM Digital yang memanfaatkan channel penjualan di berbagai ​sales channel (5 saluran penjualan) memiliki ​confidence index/indeks keyakinan bisnis yang jauh lebih tinggi yaitu sekitar 2.7 dari 5 juga dapat menerima penurunan penjualan yang lebih rendah yaitu 34.93% dibandingkan dengan yang hanya menggunakan satu channel di angka 38.96%.

Indeks Keyakinan Bisnis sendiri mengukur ekspektasi pengusaha mengenai pendapatan bisnis saat ini, kapasitas produksi, jam kerja rata-rata, dan pesanan dalam dan luar negeri di masa depan, harga jual, dan bahan baku.1 Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa digitalisasi dapat membuka banyak gerbang untuk pelaku UKM agar dapat mempertahankan bisnisnya. Selain itu, salah satu temuan menarik dalam penelitian ini adalah terkait pembiayaan dimana hal ini dinilai sebagai faktor yang paling dibutuhkan untuk mengembangkan usaha pada saat pandemi atau setelah pandemi berakhir.


0 comments:

Post a Comment