Monday, June 3, 2024

Badan Kuliner Bogor Hadirkan UMKM di Acara Puncak Hari Jadi Bogor ke-542

 


TEMPO.COJakarta - Badan Kuliner (Bakul) Bogor memfasilitasi para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk hadir di bazar Hari Jadi Kota Bogor ke-542 yang diselenggarakan pada 2 Juni 2024 di Jalan Sudirman, Bogor. 

Bakul merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Bogor dalam mengembangkan kualitas dan pasar UMKM Bogor. Di bawah naungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor, Bakul mengajak UMKM Bogor untuk hadir dalam pameran guna memperluas pasar.

Di bazar Hari Jadi Kota Bogor kali ini, sebanyak 16 UMKM turut terlibat, beberapa di antaranya adalah Vinni Cake dan Saladin Kentang Magic.

Ella (62) selaku pemilik Vinni Cake menjual banyak varian kue kering dan basah, salah satunya coklat kacang sukhoi. Di bazar Hari Jadi Kota Bogor, banyak produk Vinni Cake yang sudah terjual. Ella merasa bersyukur bisa mendapatkan banyak keuntungan melalui penjualan di bazar. Ia terbantu oleh Bakul dalam pemasaran produknya, salah satunya melalui bazar kali ini. 

Tidak hanya Ella, Hanna (35), pelaku usaha kuliner kulit kentang, Saladin Kentang Magic juga merasa terfasilitasi di bazar Hari Jadi Bogor untuk menjual produk-produknya. Ia tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk sewa tempat dan tenda di bazar. 

Natali (38), Ketua Koordinator Bakul Bogor mengatakan memang sudah jadi tugasnya dalam mencari dan menginformasikan kegiatan bazar ke peserta. Bakul berperan sebagai wadah bagi UMKM untuk meningkatkan kompetensi dan memperluas pasar UMKM kuliner Kota Bogor. Tidak hanya dalam ajang bazar Hari Jadi Bogor saja, Bakul mengembangkan distribusi dan pemasaran produk UMKM kuliner Kota Bogor. 

“Banyak UMKM yang sudah memperluas pemasarannya di retail market Bogor, seperti Transmart, Indomaret, Alfamart, dan Lapis Bogor Sangkuriang,” kata Natali. 

Natali berharap UMKM Kota Bogor dan Bakul dapat terus bekerja sama. Tidak hanya di  Bogor saja, Natali mengharapkan produk UMKM Kota Bogor bisa bersaing di pasar yang lebih luas. 


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1875117/badan-kuliner-bogor-hadirkan-umkm-di-acara-puncak-hari-jadi-bogor-ke-542

0 comments:

Post a Comment