Wednesday, May 1, 2024

Dorong Ekspor UKM, LPEI Siap Luncurkan Digital Platform pada Agustus 2024

 


KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Indonesia Eximbank siap meluncurkan digital platform untuk mendorong ekspor Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia. 

Nantinya, digital platform tersebut bakal berisikan tentang edukasi ekspor digital dan layanan jual beli online atau marketplace dengan model Bussines to Bussines (b2b). Adapun, LPEI menargetkan layanan digital tersebut meluncur di Agustus 2024.3

"Ini ada marketplace. Ada edukasi ekspor. Pelaku UKM kita kan banyak yang belum siap ekspor. Kita bikin coaching program for new eksportir. Setelah mereka bisa ekspor, masuk ke martketplace," kata Direktur Pelaksana Pengembangan Bisnis LPEI, Maqin U. Norhadi, Rabu (1/5).

Namun sayangnya, Maqin belum bisa merinci secara detail berapa target transaksi di marketplace tersebut. Yang terang, LPEI akan memfasilitasi setiap UKM yang ingin menggencarkan produknya ke pasar global.

"Saya belum bisa ngomong (target transaksi) karena ini pertama kali diumumkan di Indonesia," ucapnya.

Maqin menjabarkan, syarat agar UKM bisa tergabung dalam platform digital tersebut utamanya harus memiliki produk dan komitmen untuk naik kelas.

"Enggak ada minimal skala usaha. Yang jelas harus punya produk dulu. Ini kita edukasi. Setelah mereka siap, produknya kita siapkan masuk ke marketplace," jelasnya.

Ia menambahkan, beberapa stakeholder mulai dari kementerian, lembaga dan partner perbankan yang memiliki pelaku UKM sudah berminat masuk ke digital platform milik LPEI.

"Jadi kita tidak bisa sendiri harus kerja sama dengan stakeholder. Pelaku UKM mereka yang akan masuk ke platform kita bakal diedukasi," tambahnya.


Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/05/dorong-ekspor-ukm-lpei-siap-luncurkan.html

0 comments:

Post a Comment