Tuesday, February 15, 2022

Produk Kerajinan dan Dekorasi Rumah UMKM Sambut Pertemuan Perdana G20 di Jakarta

 


Indonesia secara resmi memegang Presidensi G20 selama satu tahun, dimulai sejak 1 Desember 2021 hingga November 2022.

Pertemuan para pemimpin dunia tersebut dimulai pada pekan ini. Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara-negara anggota G-20 dan negara-negara mitra akan bertemu di Jakarta.

Mereka akan membahas berbagai isu dan tantangan finansial dunia, terutama menghadapi situasi dunia setelah hantaman pandemi Covid-19 yang terjadi setidaknya dua tahun ke belakang.

Indonesia juga menampilkan beragam produk dan layanan yang sudah mendunia. LPEI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) dengan mandat untuk meningkatkan ekspor nasional, membawa beragam produk UMKM binaan yang sudah menembus pasar ekspor.

“Kami bangga bisa berpartisipasi dalam ajang bersejarah ini. Pada kesempatan ini kami membawa aneka produk dari UMKM mitra binaan yang merupakan hasil dari program Jasa Konsultasi kami seperti Coaching Program for New Exporter (CPNE) dan Desa Devisa. Program ini memiliki tujuan untuk menciptakan eksportir baru dan memajukan komodiotas ekspor suatu daerah," kata Direktur Eksekutif LPEI Rijani Tirtoso dalam siaran pers, Selasa (15/2/2022).

Rijani menambahkan, produk-produk yang ditampilkan diharapkan akan menarik perhatian dari para delegasi negara-negara sahabat, sehingga dapat mencerminkan kekuatan Indonesia untuk bangkit menghadapi pandemi dengan semangat positif dan antusias.

LPEI hadir pada stan Rumah Joglo dan Rumah Minahasa yang menampilkan berbagai produk fashion, kerajinan tangan dan dekorasi rumah, sampai dengan aksesoris.

Lebih uniknya lagi, alat tenun bukan mesin (ATBM) dari salah satu mitra binaan yang memproduksi kain sarung diboyong langsung ke JCC. Beragam produk lokal yang mendunia ini, telah diekspor ke berbagai negara di Eropa, Amerika Serikat dan Asia.

Presidensi Indonesia di G20 mengangkat tema “Recover Together, Recover Stronger." Indonesia mengajak seluruh dunia secara bersama berkonsolidasi mencapai pemulihan akibat pandemi yang melanda.

Hal ini dilakukan mengingat G20 merupakan organisasi kerja sama multilateral yang merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

Sumber : https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/15/150411876/produk-kerajinan-dan-dekorasi-rumah-umkm-sambut-pertemuan-perdana-g20-di.

0 comments:

Post a Comment