Monday, January 17, 2022

UMKM Mau Dapat Buyer dari Luar Negeri? Catat Nih Tipsnya

 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berorientasi ekspor jadi salah satu pendorong perekonomian nasional. Meskipun pandemi COVID-19 masih melanda, UMKM masih tetap bisa membuat produknya mendunia.



Seperti halnya sejumlah UMKM di BNI Xpora, yakni Blankenheim, CV Frinsa Agrolestari, serta Kriya Nusantara & Gloya. Ketiganya telah sukses menjadi eksportir dan memiliki buyer dari luar negeri. Lantas apa sih tipsnya?

Co-Founder brand sepatu lokal asal Bandung, Blankenheim, Maulana Ammar mengungkapkan setiap UMKM memiliki kesempatan untuk menembus pasar ekspor, tapi tidak semua UMKM mampu bertahan menghadapi persaingan. Untuk itu, hal pertama agar UMKM dapat buyer dari luar negeri adalah memperhatikan kualitas produk.

"Pertama yang harus kita lakukan tentu di kualitas produk ini harus memenuhi standar internasional terutama di negara tujuan. Misalkan di negara Eropa, standar kita harus mengikuti negara tersebut," jelasnya dalam Webinar BNI Jawa Barat, dikutip Kamis (30/12/2021).

Selain itu, kapasitas produksi juga jadi hal penting. Menurutnya, ketika UMKM ingin mendapatkan buyer dari luar negeri pastikan kapasitas produksinya dapat memenuhi. Sebab, buyer dari luar negeri kerap memiliki permintaan yang tinggi.

Founder CV Frinsa Agrolestari Wildan Mustofa menambahkan, sebagai UMKM yang bergerak pada komoditas pertanian kopi, dirinya menyarankan agar para UMKM rutin ikut pameran jika ingin mendapatkan buyer dari luar negeri pertama.

"Terutama di pameran yang ada kompetisinya, kenapa karena di situ kita bisa berkenalan langsung dengan para juri yang memang dari industri yang kita masuki itu entry point kita di situ," ungkapnya.

Wildan mengaku kerap mengikuti berbagai pameran baik nasional maupun internasional. Langkah tersebut jadi salah satu cara agar produk berkualitas yang UMKM punya bisa dikenal oleh berbagai stakeholder.

"Pada tahap selanjutnya setelah kita dapat pembeli, kalau yang saya lakukan link and match kita antara buyer dengan mitra gitu, tujuannya agar buyer semakin tertarik dengan produk kita," jelasnya.

Lebih lanjut, Founder Kriya Nusantara & Gloya, Abdul Sobur mengungkapkan UMKM harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan zaman. Menurutnya ini penting agar UMKM bisa bersaing di pasar yang luas, seperti halnya berjejaring memanfaatkan kesempatan dengan mengikuti pameran, atau mengambil peluang yang diberikan perbankan seperti BNI.

"Jadi yang terpenting bagi para UMKM kalian boleh bermimpi setinggi langit untuk menjadi eksportir besar dan mulai aja dari hal kecil dulu, nggak usah harus dapat jutaan dollar, jadi start small," ungkapnya.

"Dan yang terpenting lagi now action, buat barang-barang yang memenuhi standar negara tujuan. Mumpung ada Xpora," katanya.

"BNI Xpora bukan hanya sekedar modal kerja tapi one stop solution, ini sangat bagus dan strategis, hemat saya kalau Xpora betul-betul dilaksanakan ini pasti akan ada perubahan besar di UMKM," pungkasnya.

Sebagai informasi, webinar UMKM BNI Jawa Barat ini dipersembahkan oleh detikcom bersama BNI Xpora untuk mendukung para UMKM Indonesia Menembus Pasar Global. Bersama Xpora, ekspor jadi mudah

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5877425/umkm-mau-dapat-buyer-dari-luar-negeri-catat-nih-tipsnya.


0 comments:

Post a Comment