Wednesday, August 25, 2021

Resmikan Kampus UMKM Shopee, RK Dorong Produk Lokal Go Global

 

Resmikan Kampus UMKM Shopee, RK Dorong Produk Lokal Go Global

Jakarta - Shopee Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat melanjutkan kolaborasi strategis untuk membawa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat naik kelas hingga menjadi pelaku ekspor. Kolaborasi lanjutan ini ditandai dengan peresmian Kampus UMKM Shopee Ekspor oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis (5/8).

Bangunan tiga lantai yang terletak di Jl. BKR No.27, Pasirluyu, Kota Bandung ini memiliki berbagai fasilitas dan layanan ekstensif yang dapat dinikmati oleh seluruh pelaku UMKM di Jawa Barat. Para pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan bisnis digital dan menjadi bagian dari Program Ekspor Shopee.

Saat meresmikan, Ridwan Kamil mendorong para UMKM di Jawa Barat yang memanfaatkan layanan seperti Kampus UMKM Shopee Ekspor ini bisa mengekspor lebih banyak produk-produk mereka ke depannya.

"Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan Kami menargetkan 100.000 UMKM Jawa Barat dapat melakukan ekspor bersama Shopee di tahun 2022," ucap Ridwan Kamil.

Shopee dan Pemprov Jawa Barat juga akan berkolaborasi dalam memberikan Program Kurikulum Vokasi Shopee kepada lebih dari 200 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Program ini akan diterima oleh kurang lebih 400 guru di Jawa Barat untuk kemudian diajarkan kepada sekitar 20.000 siswa/i SMK.

Kurikulum Vokasi Shopee ini akan memberikan pengajaran serta pelatihan langsung mengenai pengembangan bisnis digital serta membuka kesempatan bagi siswa/i lulusan sekolah tersebut untuk mengikuti program magang di Shopee. Peserta magang dengan performa yang baik mendapat kesempatan untuk menjadi karyawan Shopee.

Diharapkan pula kurikulum ini dapat memberikan fondasi digitalisasi yang tepat melalui aspek edukasi dan pemberdayaan siswa/i SMK.

"Diharapkan, kerja sama ini dapat mendorong keberhasilan transformasi di Jabar, dan memberikan peluang yang lebih besar untuk putra-putri kami." kata Ridwan Kamil.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto menambahkan, Kampus UMKM Shopee Eskpor ini merupakan kelanjutan komitmen pihaknya untuk mendukung pertumbuhan UMKM asal Jawa Barat. Dimana sebelumnya kerja sama dilakukan melalui program kolaborasi UMKM Jabar Go Digital dan penyaluran perangkat komputer ke desa-desa dengan pendirian Shopee Center.

"Hari ini kami meresmikan markas besar Shopee Center di Jawa Barat, yaitu Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung. Diharapkan ini akan menjadi lahan yang subur sehingga pelaku UMKM di Jawa Barat dapat bertumbuh dalam kuantitas dan kualitas untuk Go Digital dan Go Global bersama Shopee," ucapnya.

"Dengan adanya kerja sama ini semoga tidak hanya industri saja yang berubah ke arah digital, tetapi SDM kita juga turut dipersiapkan menyambut, tidak hanya percepatan revolusi digital, tetapi juga akselerasi untuk Go Global," tambah dia.

Melalui pendampingan, edukasi dan pelatihan yang komprehensif untuk semakin banyak mewujudkan eksportir dari Jawa Barat, Kampus UMKM Shopee Ekspor dilengkapi dengan fasilitas dan layanan bagi para pelaku UMKM dalam memenuhi kebutuhan bisnis. Antara lain, yakni layanan edukasi bagi UMKM dan pendampingan bisnis bagi UMKM, serta fasilitas pendukung performa bisnis UMKM.

Adapun kolaborasi yang dilakukan dengan Pemprov Jawa Barat ini merupakan salah satu dari berbagai kontribusi Shopee dalam mendukung program pemerintah untuk memajukan UMKM. Shopee Indonesia juga turut berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor untuk dapat mewujudkan tercetaknya 500.000 eksportir baru hingga tahun 2030.

Program kolaborasi antara Shopee dengan Sekolah Ekspor ini turut didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia dan sudah dimulai sejak awal Maret 2021.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210809113803-97-678142/resmikan-kampus-umkm-shopee-rk-dorong-produk-lokal-go-global

0 comments:

Post a Comment