Pandemi Covid Buka Peluang Bisnis Rambah Ekosistem Digital
Jakarta - Pandemi covid-19 membuat orang harus mengubah pola pikir, pola
perilaku, serta menjalankan aktivitas dari rumah. Mulai bekerja dari
rumah, sekolah daring, hingga berbelanja.
Menteri Koperasi dan
UKM Teten Masduki sebelumnya menyebut sebanyak 6,5 juta pelaku Usaha
Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) beralih ke ekosistem digital atau
berjualan online selama pandemi covid 19.
Padahal, kata Teten,
jumlah pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital selama 10 tahun sejak
lokapasar (marketplace) daring hadir di Indonesia, tercatat sebanyak
delapan juta UMKM.
Kondisi ini pun menjadi peluang bagi sejumlah
perusahaan yang mulai menjalankan bisnisnya secara online. Salah
satunya, FreshBox, sebuah aplikasi online untuk memenuhi kebutuhan
dapur, mulai dari sayuran, buah-buahan, daging, bumbu dapur, dan beragam
kebutuhan dapur lainnya.
Dengan cara ini, FreshBox ikut
mengedukasi masyarakat dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Berbelanja
aman, namun dengan jaminan produk yang diterima oleh pelanggan sama
segarnya jika mereka membeli di pasar.
Founder FreshBox, Matthew
James mengatakan, FreshBox membawa konsep farm to table, yang artinya
produk dipanen setiap hari dan datang langsung dari pertanian yang
mereka miliki. "FreshBox dimulai dari sebuah mimpi oleh ibu saya untuk
menjual sayur-mayur yang segar karena beliau sangat menyukai berkebun.
Saya percaya akan mimpi beliau dan bersama dengan tim yang luar biasa,
kami kembangkan FreshBox sampai apa adanya hari ini," ungkap Matthew,
dalam keterangan tertulisnya, Senin, 9 Agustus 2021.
FreshBox
merupakan startup company yang berawal menyuplai kebutuhan perusahaan
yang bergerak di hotel, restoran, dan katering. Berdiri sejak 2018 di
bawah naungan PT Berkah Tani Sejahtera. Hingga saat ini, FreshBox telah
bekerja sama dengan ratusan klien ternama di bidang hotel dan restoran.
Seiring
kebutuhan masyarakat, Feshbox juga akhirnya ekspansi dengan membuka
layanan untuk end user. Pada akhir 2018, FreshBox mulai masuk ke dalam
industri marketplace di Indonesia, yaitu ke JD.ID dan Blibli.com, dan
FreshBox juga mulai membuka offline store pertamanya di Mall of
Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Dua tahun
kemudian, tepatnya pada 2020, FreshBox yang terus berinovasi meluncurkan
aplikasi layanan daring untuk pelanggan skala rumahan. Aplikasi ini
bisa diunduh untuk smartphone android maupun ios. Kemudian seiring
berjalannya waktu dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan, saat ini
layanan FreshBox sudah bisa dinikmati oleh semua masyarakat di semua
platform marketplace di Indonesia, dan juga telah memiliki lima offline
store yang berada di Mall of Indonesia (MoI), Citywalk Gajahmada, ITC
Kuningan, Gandaria, dan yang terbaru di Urban Farm PIK (Pantai Indah
Kapuk).
Rencananya, beberapa gerai offline tambahan akan dibuka
ke depannya melihat animo masyarakat yang cukup tinggi. Selain fokus
pada pengembangan offline store, FreshBox juga fokus pada penyediaan
layanan pada main supplier seperti JDFreshmart, Shopee seger, dan
GOfresh.
Soal pasokan, lanjut dia, FreshBox menggandeng para
petani di Pulau Jawa untuk menyediakan suplai sesuai dengan permintaan
pasar. Dengan konsep jadwal produksi antarpetani, kerja sama ini menekan
risiko hasil panen tidak terjual sekaligus membatasi persaingan di
antara mereka.
FreshBox juga memiliki beberapa depo quality
control yang lokasinya dekat dengan kebun, yang berfungsi memilah dan
memilih hasil panen terbaik serta pengemasan yang aman, sebelum
dilakukan final check. Tujuannya, untuk memastikan produk yang diterima
pelanggan tetap segar, aman, dan berkualitas.
"Kami dapatkan
produk langsung dari kebun sendiri dan mitra petani. Produk segar
dikirim ke fasilitas pemrosesan yang kami lakukan pemilahan order,
quality check dan langsung lanjut untuk last mile delivery ke konsumen,"
jelas Matthew James.
Sementara untuk distribusi, FreshBox juga
memakai armada yang dilengkapi dengan chiller yang siap mengantar sampai
ke pelanggan dalam kondisi segar dan berkualitas. Bahkan untuk
menjangkau pelanggan lebih jauh dan lebih banyak lagi, FreshBox telah
bekerja sama dengan Bluebird Group untuk memastikan setiap pesanan akan
sampai tepat waktu pada konsumen.
Matthew juga menjelaskan bahwa
ada beberapa hal yang mereka unggulkan, di antaranya adalah komitmen
pengiriman H+1 untuk menjaga kepuasan pelanggan, memiliki kebun sendiri
sehingga produk baik kualitas maupun ketersediaannya bisa dipastikan,
dan juga memiliki in-housefleet sendiri.
"Bukan hanya sebagai
tempat berbelanja untuk memenuhi kebutuhan, gerai offline FreshBox juga
dibuat senyaman mungkin bagi pelanggan. Dengan kesadaran hidup sehat dan
tren belanja masyarakat di new normal, FreshBox percaya diri akan terus
berkembang dan menyentuh banyak lapisan masyarakat," pungkas dia.
Sumber : https://m.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/0kpo5P6b-pandemi-covid-buka-peluang-bisnis-rambah-ekosistem-digital
0 comments:
Post a Comment