Kominfo dukung TikTok rayakan HUT RI lewat kreasi #BerjuangBerkreasi
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung
gerakan kreativitas yang diselenggarakan salah satu platform digital
berbagi video singkat yaitu TikTok untuk mengajak masyarakat Indonesia
merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 di rumah saja dengan kampanye
#BerjuangBerkreasi.
"Perayaan kemerdekaan merupakan momentum yang
penting untuk diperingati, karena dapat membangkitkan kembali
nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme bangsa. Berkat kemajuan
teknologi, perayaan ini kini bisa dilakukan secara virtual dan justru
bisa menjangkau seluruh warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke,
seperti yang dilakukan TikTok melalui program #BerjuangBerkreasi ini,"
ujar Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan
Informatika (Kominfo) Ferdinandus Setu dalam keterangannya, Senin.
Program
#BerjuangBerkreasi di TikTok meliputi berbagai kegiatan untuk
masyarakat. Tak terkecuali kompetisi TikTok untuk para wartawan yang
berasal dari Indonesia.
Tidak hanya itu akan ada kegiatan diskusi
bernama “TikTok Talk” yang dilakukan bersama kreator yang melestarikan
budaya khas Indonesia melalui video singkat. Dari segi dukungan bagi
UMKM lokal ada juga dan program belanja Merdeka Sale bersama jenama-
jenama lokal.
TikTok juga mengajak seluruh pengguna untuk
mengikuti tantangan seru di dalam aplikasi, antara lain kompetisi
#BerjuangBerkreasi untuk pengguna yang berkarya dengan cara
masing-masing, serta remake tantangan #WelcomeToIndonesia yang dipandu
oleh penampilan musikal dari sejumlah kreator musik di TikTok.
Semua kemeriahan itu diharapkan bisa menawarkan cara baru bagi masyarakat merayakan hari kemerdekaan di tengah pandemi.
Program
#BerjuangBerkreasi ini sejalan dengan tema "Indonesia Tumbuh, Indonesia
Tangguh" yang diusung pemerintah untuk Peringatan Ulang Tahun ke-76
Republik Indonesia.
Tema itu dapat menggambarkan nilai-nilai
ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam
menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang
lebih baik.
"Tema ini sangat menggambarkan semangat yang ada di
platform TikTok, di mana pengguna dari berbagai daerah saling bersatu
dan menyemangati di tengah kondisi yang serba tak menentu ini. Program
#BerjuangBerkreasi ini menjadi perayaan bagi pengguna dan seluruh bangsa
Indonesia, termasuk para pebisnis, wartawan, dan pengguna individu
untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap bangsa kita, termasuk budaya
Indonesia," kata Head of Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah
Putra.
Kerjasama juga dilakukan dengan pengembang aplikasi
digital lainnya, kali ini TikTok bekerjasama dengan platform streaming
musik Spotify menghadirkan tantangan menarik bertajuk
#MusikIndonesiadiSpotify.
Tantangan ini menguji kemampuan para
pengguna mengenal lagu- lagu lokal yang populer di Indonesia. Ada pun
para musisi yang terlibat dalam kolaborasi unik ini adalah Pamungkas,
Hindia, Nadin Hamizah, dan dua musisi ahli tembang Jawa yaitu Guyon
Waton serta Woro Widowati.
Perayaan puncak program
#BerjuangBerkreasi akan diselenggarakan secara meriah di program khusus
INBOX di salah satu televisi swasta pada tanggal 15 Agustus 2021. Acara
ini akan dipandu oleh Yuki Kato dan Fero Walandouw, serta diramaikan
oleh top kreator TikTok dan juga sejumlah selebritis, seperti Ziva
Magnolya, UNIT1Y, hingga Cakra Khan.
Sumber : https://m.antaranews.com/berita/2316094/kominfo-dukung-tiktok-rayakan-hut-ri-lewat-kreasi-berjuangberkreasi
0 comments:
Post a Comment