Kawal UMKM, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Label Merek dan Digital Marketing
Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan kegiatan
"Sosialisasi Pentingnya Label Merek dan Digital Marketing guna
Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di
Masa Pandemi Covid-19".
Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) kali
ini dilakukan ditempat tinggal masing-masing Mahasiswa pelaksana KKN,
banyak yang menyebutnya "KKN Pulang Kampung" atau "KKN Didesa Sendiri".
Hal ini dilakukan lantaran pandemi Covid-19 di Indonesia.
Pandemi
Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 telah membawa dampak ke segala
sektor, salah satunya sektor ekonomi. Terutama, dampaknya dirasakan oleh
pelaku UMKM, dikarenakan menurunnya daya beli masyarakat yang terjadi
ditengah kemerosotan perekonomian akan berpengaruh terhadap
keberlangsungan usaha mereka.
Untuk mengatasinya, pemerintah
telah melakukan tindakan dengan mengajak pelaku UMKM untuk berinovasi
kreatif dan memanfaatkan digitalisasi dalam usahanya. Berbagai dukungan
juga telah diberikan untuk membangkitkan UMKM yang terjun bebas akibat
pandemi. Mulai dari bantuan dana untuk modal usaha, pemotongan pajak
penghasilan bagi pelaku UMKM, sosialisasi serta edukasi mengenai
pengelolaan UMKM, dukungan digital, dan ajakkan kepada masyarakat luas
untuk beli produk dalam negeri.
Melihat banyaknya produk UMKM
yang belum memiliki Label Merek menjadi perhatian bagi Mahasiswa KKN,
padahal Label Merek sangat penting bagi produk UMKM. Apabila produk UMKM
tidak memiliki Label Merek, maka produk tersebut tidak memiliki
identitas, yang akan mengakibatkan produk tersebut susah dikenali oleh
para konsumen.
Selain itu, perhatian Mahasiswa KKN juga tertuju
pada pemasaran produk yang dilakukan pelaku UMKM yang mana masih
cenderung tradisional, sedangkan di jaman sekarang semua sudah serba
digital. Pengenalan digital marketing sangat perlu dilakukan untuk
memperluas jangkauan konsumen bagi pelaku UMKM.
Dengan demikian,
Mahasiswa KKN memutuskan untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi yang
bertujuan memberikan pengetahuan bagi pelaku UMKM tentang Label Merek
dan Digital Marketing. Dilaksanakan di wilayah Kelurahan Mangkang Wetan
dengan metode door to door. Metode tersebut dilaksanakan dengan
pertimbangan tidak diperbolehkannya mengumpulkan massa. Dalam
pelaksanaannya, Mahasiswa KKN memberikan penjelasan dari poster yang
telah dibuat sebelumnya. Memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM
yang produknya belum memiliki Label Merek dan belum melakukan pemasaran
produk secara Digital Marketing. Serta membagikan video penjelasan
poster melalui WhatsApp Group UMKM.
Salah satu pelaku UMKM, yaitu
Arina bertutur "Kegiatan Sosialisasi yang dilakukan sangat bermanfaat
bagi kami pelaku UMKM yang baru merintis usaha dan dihadapkan dengan
pandemi Covid-19"
Mahasiswa KKN berharap melalui kegiatan ini
dapat memberikan semangat kepada pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha
mereka di masa pandemi Covid-19.
Sumber : https://www.kompasiana.com/ratnayunaida2548/610b3a2406310e02826231a2/kawal-umkm-mahasiswa-kkn-undip-kenalkan-label-merek-dan-digital-marketing
0 comments:
Post a Comment