Tuesday, August 3, 2021

Business Development 101: Tentukan Tujuan Anda

 Apapun bisnis anda, pasti fokusnya ada. Inilah hal penting yang harus ditentukan di awal. 

Dalam satu kesempatan diskusi dengan anak-muda di kampus, membahas startup, mereka bertanya bagaimana saya bisa mengembangkan bisnis sampai sekarang. Pertanyaan yang simple, tapi mendalam. 

Maka saya pun menjawab singkat, apa tujuan startup yang kamu buat ?

Mereka langsung menjawab, kamu membuat burger, kami membuat podcast, kami membuat produk ramah lingkungan..

Semua bicara langsung ke produknya, lupa satu hal, tujuan bisnis.

Tujuan bisnis ini adalah tujuan yang ingin kita capai dengan bisnis kita. Ini bisa saja berupa hal yang sangat pribadi. Misal ingin terbebas dari zona nyaman bekerja. Misal ingin memajukan bangsa. Atau mungkin cukup sederhana, ingin kaya. Semua inilah tujuan mengapa anda harus berbisnis. 

Waktu saya memulai awal bisnis, saya sudah punya tujuan pribadi. Saya ingin mengembangkan daya, membuat atau mencipta, untuk mencapai kemandirian. Itu dia sebabnya, email saya yang pertama sudah seperti tujuan bisnis saya, dayaciptamandiri@ .. 

Maka tidak heran, waktu kesempatan itu datang, dimana saya harus memilih, apakah harus bekerja (dan sudah mencari pekerjaan selama tiga bulan tapi tidak ada yang cocok), atau ingin menggapai mimpi yang selama ini saya idamkan, membuka usaha sendiri. Tapi tidak punya modal.

Lalu saya kembali ke nilai-nilai yang menjadi tujuan saya berusaha, daya - cipta - mandiri. Ketiga nilai ini saya rumuskan di awal menjadi tujuan bisnis, atau dalam bahasa umumnya visi dan misi usaha. Daya Cipta Mandiri menjadi visi usaha saya. Saya memulai konsep ini dan menuliskannya. Ingat ya, harus ditulis.

Setelah itu, dapatlah visi yang jelas, tujuan usaha yang jelas. Barulah detailkan misi yang ingin dilakukan untuk mencapai visi itu. 

Maka sama dengan startup, usaha apapun yang anda buat, tentukan dulu visi dan misi, tuliskan itu. 

Dan itu terus saya lakukan tiap tahun. Tiap tahun kami sebagai tim duduk bersama, membahas visi - misi, menyelerasakan misi , rencana kerja. Dan inilah kerjaan business development, pengembangan bisnis. Bisnis itu tidak akan pernah berhenti. Visi ada, misi ada, program kerja ada, dan ini semua diselaraskan terus. Itulah pekerjaan pengembangan bisnis, business development, yang tidak pernah akan berhenti bila anda menjadi entrepreneur



Penulis: Fanky Christian, founder StartSMEup.id & UKMentor.id

sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/6108a0ac15251019e44ad3a2/business-development-101-tentukan-tujuan-anda

0 comments:

Post a Comment