Tuesday, August 3, 2021

Begini Cara Kemendag Buka Peluang Pasar Ekspor untuk UKM

 

Begini Cara Kemendag Buka Peluang Pasar Ekspor untuk UKM

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya mendorong peningkatan ekspor nonmigas Indonesia. Salah satunya melalui penyebaran informasi pasar ekspor (market brief) secara virtual oleh para perwakilan perdagangan (perwadag) di luar negeri.

Kegiatan tersebut diwujudkan dengan program serial seminar web (webinar) yang digelar dua kali dalam sepekan, yaitu setiap Selasa dan Kamis pukul 14.00 WIB. Pelaku usaha dan UKM dapat memanfaatkannya untuk melakukan konsultasi terkait peluang pasar ekspor.

Pada periode 27 Juli 2021-23 Desember 2021, sebanyak 39 perwakilan perdagangan secara bergilir akan menyampaikan informasi hasil pengamatan pasar di negara akreditasi masing-masing tentang produk Indonesia yang diminati pasar internasional saat ini dan di masa mendatang.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi, mengatakan bahwa kegiatan webinar tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan informasi kepada pelaku usaha, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), dalam membuka akses pasar di negara tujuan ekspor spesifik.

1. Aktivitas ekonomi harus terus difasilitasi agar segera pulih
Didi menambahkan, pada kesempatan tersebut, para pelaku usaha, khususnya kalangan eksportir pemula dan calon eksportir dapat melakukan konsultasi secara langsung dengan para atase perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

“Kemendag mendorong para pelaku UKM agar semakin memahami negara tujuan ekspor dan perkembangan terkini yang ada di sana. Perwakilan perdagangan akan menyampaikan hasil pengamatan dan peluang yang bisa dimasuki produk Indonesia, dan pelaku usaha dapat memanfaatkan kesempatan ini,” ungkapnya.

Didi menyampaikan, meskipun pandemik COVID-19 belum berakhir, aktivitas ekonomi Indonesia harus terus difasilitasi agar segera pulih. Ekspor merupakan salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi. Untuk itu, webinar ini penting demi mendukung peningkatan ekspor nonmigas.

“Kami optimistis kinerja ekspor Indonesia akan semakin menjanjikan. Hal ini ditunjukkan dengan neraca perdagangan periode Juni 2021 yang surplus USD 1,32 miliar. Kami akan terus memfasilitasi para calon eksportir dan eksportir pemula melalui informasi peluang pasar, peningkatan kapasitas, pengembangan produk, dan dukungan lainnya. Kami juga menggencarkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung peningkatan ekspor,” terangnya.

2. Kemendag menggelar webinar peluang ekspor di pasar Turki dan Taiwan
Sebelumnya, pada Selasa (27/7/2021), digelar webinar pertama dengan tema “Peluang Ekspor di Pasar Turki” yang menghadirkan narasumber Atase Perdagangan Ankara Eric Nababan. Pada webinar ini dipaparkan produk-produk Indonesia yang berpeluang memasuki pasar Turki.

Produk tersebut antara lain buah tropis seperti nanas, mangga, alpukat, dan pisang; produk bahan makanan seperti lada, kayu manis, cengkeh, jahe, olahan kelapa, dan bubuk kakao.

Selanjutnya, pada Kamis (29/7/2021) digelar webinar kedua dengan topik “Peluang Ekspor di Pasar Taiwan”. Hadir sebagai narasumber pada webinar tersebut Kepala Bidang Perdagangan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Sulistyono, yang menyampaikan produk-produk yang berpeluang masuk pasar Taiwan serta strategi dalam memasuki pasar ini. Kedua webinar diikuti masing-masing sekitar 80 pelaku usaha.

3. Kemendag akan menggelar 37 webinar bersama perwakilan perdagangan hingga akhir tahun
Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Hari Widodo, menambahkan bahwa antusiasme pelaku usaha, terutama dari kalangan UKM yang ingin melakukan ekspor cukup tinggi.

“Dalam dua webinar yang telah terselenggara, pelaku usaha sangat aktif berkonsultasi agar produknya bisa masuk ke pasar ekspor. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan,” ujarnya.

Hari mengungkapkan, Kemendag akan menggelar 37 webinar bersama perwakilan perdagangan hingga akhir tahun. Adapun jadwal webinar tersebut bisa diakses di media sosial Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag, yang akan diperbarui setiap awal pekan.

Pada Kamis (5 Agustus) giliran ITPC Budapest, sementara pada pekan depan adalah giliran dari Atase Perdagangan Beijing dan Atase Perdagangan Berlin/ITPC Hamburg.

“Webinar informasi ekspor ini terbuka untuk umum. Bagi pelaku usaha yang ingin mengikuti sesi selanjutnya dapat memantau informasi di Instagram Ditjen PEN, yaitu @djpen.kemendag,” pungkas Hari.

Sumber:
https://www.idntimes.com/news/indonesia/marwan-fitranansya-1/buka-peluang-pasar-ekspor-untuk-ukm-csc/3

0 comments:

Post a Comment