Wednesday, July 14, 2021

Wali Kota Surakarta Janji Segera Cairkan Subsidi UMKM


SOLO – Wacana perpanjangan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat disikapi pemkot dengan mematangkan mekanisme subsidi bagi masyarakat terdampak, hingga memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengakui, sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang paling terdampak penerapan PPKM darurat ini.

“Saya tahu banyak yang terdampak. Sebab itu, kami bantu sebisa mungkin. Pemkot sudah melakukan berbagai koordinasi dengan para pengusaha, kami keroyokan. Yang penting (kompensasi) segera disalurkan. Kami upayakan prosesnya bisa secepat mungkin,” jelasnya, Rabu (14/7).

Terkait kompensasi bagi pelaku UMKM, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta Ahyani menuturkan, pemkot telah mengajukan bantuan sosial tunai senilai hampir Rp 9 miliar untuk 17 ribu pelaku UMKM.

“Pendataan awal dari UMKM yang terdampak sekitar 17 ribu. Kemungkinan masih akan bertambah atau berkurang karena akan diverifikasi ulang. Perkiraannya masing-masing UMKM bisa menerima Rp 500 ribu,” terang dia.

Nominal tersebut sudah diajukan kepada DPRD Kota Surakarta agar bisa segera dicairkan melalui mekanisme mendahului anggaran. Ahyani kembali menegaskan, bantuan uang tunai itu hanya untuk pelaku UMKM di Solo, sedangkan bantuan sosial untuk warga lainnya akan dipenuhi oleh mekanisme bantuas sosial lainnya, baik dari pemerintah kota, provinsi, maupun pusat.

“UMKM yang dapat bantuan ini adalah mereka yang belum mendapat bantuan dari pemkot maupun pusat (Kemensos). Di luar UMKM akan diberikan bantuan sembako, termasuk untuk warga (berstatus pekerja sektor informal) yang selama PPKM darurat tidak bisa bekerja karena tempat usaha khususnya nonesensial dilarang berjualan,” bebernya.

Pemkot, lanjut Ahyani, juga berupaya memastikan agar tidak ada pekerja yang di-PHK. Karena itu, koordinasi dengan pelaku usaha diintensifkan. “Ya kami menyarankan perusahaan memberikan hak bagi pegawainya. Tidak sampai dirumahkan karena PPKM darurat,” ungkapnya.

Sumber : https://radarsolo.jawapos.com/daerah/solo/15/07/2021/wali-kota-surakarta-janji-segera-cairkan-subsidi-umkm/ 

0 comments:

Post a Comment