Wednesday, July 28, 2021

Saat PPKM Darurat, Pelaku UMKM Dukung Transformasi Digital

 

Saat PPKM Darurat, Pelaku UMKM Dukung Transformasi Digital

Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mendukung saran pemerintah untuk beradaptasi dan melakukan transformasi digital. Sejalan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Jawa-Bali yang akan dilaksanakan hingga 2 Agustus, situs e-commerce Shopee bersama para pelaku UMKM menghadirkan kampanye "Shopee Dari Rumah".

“Melihat perkembangan situasi pandemi saat ini, Shopee sebagai e-commerce yang dekat dengan masyarakat mengambil peran dalam upaya pencegahan dan penekanan laju virus Covid-19 dengan menginisiasi kampanye spesial, yaitu Shopee Dari Rumah," ujar Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Menanggapi hal itu, founder ZODE Daniel Wijaya mengatakan, kebijakan Shoppe adalah langkah yang tepat guna sekaligus menekan angka penyebaran Covid-19 di indonesia.

“Ya, dengan adanya kebijakan ini dapat membuat warga masyarakat untuk tetap di rumah,” katanya.

Zode melakukan sejumlah strategi pemasaran khusus untuk official shop Shopee. Mulai dari program penjualan yang konstan dilakukan agar terus eksis di Shopee, produk-produk spesial khusus bagi pembeli Shopee, live selling, dan promo lain lain.

Zode juga terus diberikan kesempatan untuk mengikuti program-program penjualan Shopee yang membantu keberlangsungan dari hal branding dan pemasaran.

Salah satunya ialah program promosi gratis ongkir dan cashback 50 % yang dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan dikala penerapan PPKM Darurat diberlakukan pemerintah.

"Tentu saja ini bisa memberikan angin segar bagi para pelaku usaha seperti saya," ujarnya.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membawa dampak yang sangat besar di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di satu sisi, para pelaku UMKM mengalami penurunan penjualan secara drastis, hingga mereka terpaksa memberhentikan karyawan sampai memutuskan untuk gulung tikar.

Tapi di sisi lain, sektor ekonomi digital ternyata menjadi solusi bagi UMKM yang ingin bertahan di masa sulit ini. Terbukti ekonomi digital justru tumbuh signifikan, ditandai dengan banyaknya Usaha Kecil Menengah yang masuk ke ekosistem digital.

"Zode tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan dalam pemberlakuan PPKM ini," pungkas Daniel.

Sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/806095/saat-ppkm-darurat-pelaku-umkm-dukung-transformasi-digital

0 comments:

Post a Comment