Monday, June 28, 2021

Produk UMKM Kolang Kaling Tebingtinggi Tembus Pasar Ekspor


Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan melepas 1 unit kontainer ekspor komoditas kolang kaling produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dengan tujuan negara Filipina, Senin (28/6/2021) di halaman Balai Kota.

Direktur CV Kolang Kaling Sekawan (KKS), Radian Nababan mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemko Tebingtinggi, serta berjanji akan terus melakukan inovasi dan promosi.

“Kami merasakan komitmen pak Wali Kota dalam mendukung pelaku usaha, mempermudah dalam ijin. Sesuai arahan, kami berjanji akan berinovasi dan promosi,” ucap Radian.

Sementara Pejabat Fungsional Ahli Balai Karantina Belawan, Amossudin Silalahi menyampaikan, pengusaha dan pelaku UMKM tidak bisa berjalan sendiri perlu ada dukungan pemerintah.

“Ekspor impor pelaku usaha tidak bisa berjalan sendiri, ada tangan pemerintah yang menggandeng kita. Di saat pandemi, bisa ekspor kolang kaling ini luar biasa. Kepada para pelaku usaha UMKM, kami sarankan 4K, pertama kualitas, kedua kuantiti, ketiga kontiunitas dan keempat kreatifitas,” jelas Amossudin.

Disampaikan Wali Kota, nantinya ekspor bukan hanya kolang kaling, tetapi bisa dikembangkan ke yang lain misalnya ijuk, lidi dan tebu. Menurut Umar Zunaidi, ekspor ini bertujuan memotivasi bagi pengusaha yang lain.

“Hanya kemauan, minat dan tentunya ekspor mudah dan murah. 4K memang menjadi bagian dari kita. Kami mengajak pengusaha muda dan UMKM untuk maju,” ucapnya.

Ditambahkan Wali Kota, PemkoTebingtinggi akan berkomitmen untuk terus memajukan UMKM bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Belawan.

Wali Kota juga berpesan kepada para pengusaha dan pelaku UMKM lainnya agar dapat mengikuti jejak CV KKS untuk melakukan ekspor produk-produk yang dihasilkan.

Acara diakhiri dengan pemecahan kendi dan potong pita melepas 1 unit kontainer kolang kaling produk UMKM Tebingtinggi ke Filpina.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD, Muhammad Azwar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dedi Parulian Siagian, perwakilan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat Rambutan, Marwansyah Harahap, , perwakilan OJK dan Bank Indonesia (BI), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan tamu undangan. (Purba)

Sumber : https://lintangnews.com/produk-umkm-kolang-kaling-tebingtinggi-tembus-pasar-ekspor/ 

0 comments:

Post a Comment