Thursday, April 8, 2021

Ini 3 Program Kebaikan dari Facebook Indonesia di Bulan Ramadan 2021

Sebagian dari stiker baru yang disiapkan Facebook untuk memeriahkan Ramadan 2021 di aneka platformnya. Facebook Indonesia mengumumkan 3 program Jelajah, Inspirasi, dan Ekspresi Kebaikan di Ramadan 2021. Facebook.com

Facebook Indonesia menggelar tiga program pada bulan Ramadan tahun ini yang diperkirakan segera dimasuki per 13 April mendatang. Menumpang tema #BulanKebaikan yang diangkat Facebook di dunia, ketiga program yang akan dijalankan Facebook dan keluarga aplikasinya di Indonesia adalah Jelajah Kebaikan, Inspirasi Kebaikan, dan Ekspresi Kebaikan.

Facebook Indonesia memaparkan program dan tema tersebut dalam keterangan yang dibagikan secara virtual, Kamis 8 April 2021. Hadir memberikan keterangan adalah Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia; Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik; Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia; dan Dewi Meisari, perwakilan dari UKM Indonesia.

Pieter menjelaskan program yang pertama, Jelajah Kebaikan, berisi panduan yang diberi nama 'antiribet' untuk masyarakat umum dan juga pelaku UKM. Dia mencontohkan panduan jika sejumlah pelaku UKM ingin menggelar bazaar secara online di platform Facebook pengganti bazaar konvensional yang masih dibatasi karena pandemi.

Atau, membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat berbagi kepada kurir pengantar makanannya. "Semua panduan antiribet akan dibagikan di halaman Facebook Indonesia untuk membantu orang-orang menjelajahi beragam cara untuk menyebarkan kebaikan selama Ramadan," katanya.

Program di Inspirasi Kebaikan paling beragam. Di dalamnya ada serial yang melibatkan gamer dan komunitasnya berisi siaran langsung main bareng sampai buka puasa bareng yang disertai kultum. Ramabar ini dapat diikuti oleh semua orang di Indonesia tiga kali seminggu melalui halaman Facebook resmi dari Arkaw, LoeKeren, dan ZAN.

"Topik kultum tentang topik Ramadan yang dekat dengan komunitas Gaming, seperti Puasa Tetap Ceriwis, Puasa Sambil Ngegame, dan lain-lain," kata Pieter menambahkan.

Ada pula serial #ngabuburitdiinstagram live yang akan melibatkan content creator seperti Nagita Slavina, Prilly Latuconsina, Meisya Siregar, Ersa Mayori, dan Luna Maya. Philip menerangkan, setiap seri ini dihadirkan setiap Sabtu menjelang buka puasa, sepanjang 30 menit, di aplikasi berbagi foto milik Facebook itu. "Topiknya seputar Ramadan dan berbagi inspirasi tentang aksi kebaikan yang mereka lakukan," kata dia.

Masih di program yang sama, WhatsApp--aplikasi perpesanan besutan Facebook--memunculkan ide Pasar JuWAra. Ide ini pada prinsipnya ingin tetap menjembatani para pedagang di pasar dan konsumennya. Pandemi, kata Esther Samboh, telah berdampak ke pasar-pasar barang pokok, jajanan, ataupun pasar konvensional lainnya yang tak seramai biasanya karena kekhawatiran penularan virus.

"Kami bekerja sama dengan kelompok UKM Indonesia melatih lebih dari seribu pedagang pasar untuk bisa pakai WhatsApp Bisnis," kata Esther.

WhatsApp: Pasar JuWAra seluruhnya akan mencakup 1.050 pedagang di 55 pasar di 20 kota di 15 provinsi di Indonesia. Kepada para pedagang pasar itu dikenalkan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Bisnis seperti info jam kerja, membalas otomatis untuk setiap chat yang tak terbaca, dan tautan yang tersedia ke katalog produk milik si pedagang.

Pada ramadan tahun ini pula, WhatsApp berkolaborasi dengan influencer seperti Alyssa Subandono, mengajak orang-orang untuk terus berbelanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan WhatsApp. "Hari ini saya sedang berada di Pasar Kemayoran, Jakarta, untuk memberi pelatihan pedagang di sini untuk program yang sangat baik ini," kata Dewi Meisari.

Program yang ketiga, Ekspresi Kebaikan, diisi stiker dan filter tema khusus ramadan. Philip menerangkan, bakal ada stiker yang berbeda di setiap platform: Facebook, Instagram dan WhatsApp. "Efek kamera dan stiker terbaru juga akan tersedia di Messenger dan Messenger Kids," katanya sambil menambahkan, semua tersedia mulai pekan depan bertepatan dengan dimasukinya Ramadan, "Dan hanya akan tersedia sepanjang Ramadan."

Lalu, di program ini pula, akan ada ekspresi berupa Resep Ramadan #Challenge di Instagram. Isinya adalah berbagi resep favorit oleh sejumlah chef dan penyedia konten atau vlogger kuliner dalam dan luar negeri. Mereka adalah Tastemade Indonesia, Eric Herjanto dari MasterChef Indonesia 6, Hobby Makan Indonesia, Nefis Yemek Tarifleri Turki, Masala TV Pakistan, dan Chef Wardah Pakistan.

Dalam keterangannya, Pieter memberi catatan tambahan bahwa Facebook, Instagram, dan WhatsApp selalu menjadi tempat bagi orang-orang untuk merayakan dan berbagi momen penting serta berkesan. "Di Indonesia, selama Ramadan tahun lalu, lebih dari 10 juta orang membuat post dan komentar tentang pengalaman berbuka puasa di Facebook," katanya.


sumber : https://tekno.tempo.co/read/1450429/ini-3-program-kebaikan-dari-facebook-indonesia-di-bulan-ramadan-2021?page_num=2
 

0 comments:

Post a Comment