Wednesday, April 28, 2021

28 Produk UMKM Jateng Mejeng di Pasar Singapura


Jakarta - Sebanyak 28 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Jawa Tengah (Jateng) mejeng di pasar Singapura. Caranya dengan mengikuti pameran Gayeng yang digelar di Suntec City Mall Singapura dari 16 April hingga 23 Mei 2021.


Pameran Gayeng 'Artisan Style of Central Java' merupakan kegiatan promosi produk UMKM dari Jawa Tengah. Kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan secara langsung di Singapura dan merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Jawa Tengah dan Bank Indonesia kantor perwakilan Jawa Tengah dan Singapura serta didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura.

Menurut Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo kolaborasi yang kuat di antara para pemangku kepentingan terkait di Indonesia, termasuk kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi dan sektor swasta sangat penting untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi pun menambahkan, kegiatan semacam ini dianggap mampu mendukung pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19

"Untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, kita perlu mengambil peluang untuk meningkatkan porsi perdagangan UMKM dan menarik investasi internasional di industri kreatif," ujar Rosmaya dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Kamis (29/4/2021).



Kegiatan ini sekaligus diharapkan dapat membantu membuka akses pasar internasional bagi UMKM Indonesia, serta mengenalkan berbagai produk unggulan hasil produksi UMKM.

Pameran ini dibuka pada 28 April kemarin secara virtual oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Singapura H.E. Suryo Pratomo.

Pembukaan acara Gayeng dihadiri pula secara virtual oleh Menteri Perindustrian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menteri Koperasi dan UMKM. Selain itu, hadir pula secara langsung di Suntec City Mall, Duta Besar Mongolia H.E. George Tumur, High Commisioner Brunei Darussalam H.E. Dato Paduka Haji Sidek bin Ali, Deputy Chief of Mission Filipina Adrian Bernie Candolada, Deputy Chief of Mission Thailand Twekiat Janprajak, Assistant CEO of Singapore Business Federation Darius Lim, Chairman and Founder of Universal Success Enterprise Prasoon Mukherje, dan Chairman and Founder od Scanteak Lim Pok Chin.

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5550670/28-produk-umkm-jateng-mejeng-di-pasar-singapura

0 comments:

Post a Comment