Thursday, March 25, 2021

Ini Alasan Mengapa UMKM Sulit Masuk Pasar Modal

Ilustrasi BEI, pasar modal adalah, pengertian pasar modal, fungsi pasar modal, apa itu pasar modal(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Pemerintah terus mendorong para pelaku UMKM masuk ke pasar modal lantaran banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Hanya saja ada beberapa faktor yang membuat mengapa UMKM sulit masuk ke pasar modal.

Co-Founder LandX Romario Sumargo membeberkan ada tiga alasan mengapa UMKM sulit masuk ke pasar modal, yaitu dari sisi pengetahuan, dari sisi aset, dan dari sisi integritas UMKM.

"Pertama itu dari sisi pengetahuan dan edukasi. Masih banyak bahkan hampir semua UMKM kita belum mengerti pasar modal. Mungkin untuk kata "effect" atau "security" saja mereka tidak mengerti, apalagi ketika ngomong tentang cara melepas saham atau surat utang," ujar Romario saat jumpa pers secara virtual, Kamis (25/3/2021).

Yang kedua, yakni dari sisi aset.

Banyak UMKM yang ingin masuk pasar modal tapi tidak memiliki aset yang besar.

Diakui Romario, walaupun UMKM memiliki aset kecil, tapi bila memiliki pendapatan yang cukup, revenue yang jelas, tetap bisa masuk ke pasar modal.

Sementara yang ketiga adalah dari sisi integritas.

Dijelaskan Romario, banyak UMKM yang apabila sudah mendapatkan permodalan, belum bisa untuk bertanggung jawab untuk memberikan laporan kepada investornya.

"Jadi masih banyak juga UMKM kita itu integritasnya belum cukup baik ketika dikasih permodalan. Ini problema yang paling sering ditemukan di lapangan," ucap Romario.


sumber : https://money.kompas.com/read/2021/03/25/161709826/ini-alasan-mengapa-umkm-sulit-masuk-pasar-modal
 

0 comments:

Post a Comment