Tuesday, March 30, 2021

Dukung Pelaku UMKM, Bentoel Group Bagikan Komputer

SIMBOLIS: Bentoel Group menyerahkan donasi komputer secara simbolis di Gedung EJSC Bakorwil, Kota Malang, Selasa (29/3/2021).(Angga Wijanarko/nusadaily.com)


Selama masa pandemi Covid-19, berbagai usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) banyak disorot. Sebab, mereka tetap bisa survive dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

Untuk mendukung hal tersebut, Bentoel Group gerakan #BentoelBangunBangsa, Bentoel Group memberikan donasi berupa komputer kepada para pelaku UMKM di berbagai daerah, sebagai bentuk komitmen untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Distribusi tahap pertama digelar di East Java Super Corridor (EJSC) Malang, Selasa (30/3/2021), dengan mengutamakan protokol kesehatan COVID-19.

Head of Corporate and External Affairs Bentoel Group, Iwan Kendarwan Kaldjat, mengungkapkan, Bentoel Group akan terus berkomitmen membantu pemulihan ekonomi nasional, melalui berbagai upaya, salah satunya adalah melalui pengembangan UMKM.

“Kami membagikan komputer untuk menunjang kinerja UMKM dalam memasarkan produknya,” terang dia.

Iwan menjelaskan, donasi komputer kepada UMKM ini diharapkan dapat mengakselerasi digitalisasi UMKM yang nantinya juga akan turut mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Pada awal tahun ini, Bentoel Group akan membagikan komputer untuk berbagai kelompok UMKM, yang akan diikuti oleh kegiatan pelatihan keterampilan penunjang di sepanjang tahun.

“Mudah-mudahan, bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM. Kegiatan ini merupakan bagian yang sangat penting bagi Bentoel untuk mebangun bangsa,” tandas dia.

Seremoni donasi komputer ini merupakan tahap pertama dari serangkaian kegiatan lainnya di tahun ini. Kegiatan donasi komputer ini dilakukan Bentoel Group setiap tahun dan tetap diselenggarakan meski dalam kondisi cukai naik dan pandemi COVID-19.

Sementara itu, Asisten Deputi Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Iwan Faidi memberikan apresiasi terhadap Bentoel Group yang telah memberikan bantuan dan dukungan terhadap para pelaku UMKM.

“Produk UMKM harus diberi pembinaan khusus agar mereka bisa berbenah. Sehingga, produkya bisa dipasarkan dan bersaing di pasar global, utamanya dengan sistem belanja online maupun e-commerce,” imbuh dia.

Sebab, menurutnya, sesuai dengan amanat Undang-Undang Cipta Kerja, pemerintah sangat concern terhadap UMKM. “Saat ini, semua sektor, tak terkecuali Terminal, Stasiun maupun Bandara wajib memberikan tempat khusus bagi pelaku UMKM,” jelasnya.

“Sehingga, pembinaan ini perlu bantuan dari perusahaan besar, akademisi dan stakeholder lainnya untuk bahu membahu membantu UMKM,” tandas dia.

Sementara itu, Rektor Universitas Merdeka Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi turut memberikan apresiasi. Sebab, selama ini, kampus yang dibinanya juga melakukan pendampingan bagi produk UMKM.

“UMKM memang harus naik kelas. Untuk itu, kami mengelola sejumlah UMKM dan start up, yang disesuaikan dengan bidang akademik. Sehingga, bantuan komputer ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitaa kerja bagi UMKM. Kami mengucapkan terima kasih,” pungkas dia.


sumber : https://nusadaily.com/business/dukung-pelaku-umkm-bentoel-group-bagikan-komputer.html
 


0 comments:

Post a Comment