Sunday, February 14, 2021

Rektor Universitas Jember Sarankan UMKM Kembangkan Marketplace agar Jangkauan Pasar Lebih Luas

Rektor Universitas Jember (Unej) Iwan Taruna /Tim Portal Jember 04/Portal Jember

Universitas Jember (Unej) yang bekerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Jember, menggelar usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jember agar bisa terus berkembang.

Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan, UMKM di Jember saat ini sudah sangat banyak dan sumber daya baik alam maupun manusianya juga sangat berpotensi.

"Kita lihat Jember ini geliat UMKM sangat banyak dan perkembangan sangat baik, maka ini perlu diberikan ruang untuk terus berkembang," ujarnya saat ditemui di Unej, Minggu 14 Februari 2021.

Namun, saat ini UMKM di Jember masih stagnan pada produksi atau hulunya saja. Tetapi untuk proses pemasaran atau hilirnya harus perlu terus dikembangkan agar pasarnya semakin luas.

"Apalagi pandemi ini kondisi UMKM hanya berhenti pada hulunya saja dan hilirnya masih kurang, maka ini yang kami sarankan untuk dikembangkan salah satunya persoalan marketplace dengan bantuan teknologi," imbuhnya.

Menurut Iwan, dengan memberikan pelatihan untuk membuat marketplace maka akan berdampak pada UMKM itu sendiri. Sehingga pasarnya bukan hanya di Jember saja tetapi lebih global.

"Dengan marketplace yang menggunakan teknologi maka akan bisa lebih luas pasarnya, karena UMKM menjadi tulang punggung," tuturnya.

Sementara, Ketua Panitia Jember Sae Didik Suharijadi menyampaikan, acara yang digelar bersama ini nantinya akan bisa membuka peluang bagi UMKM agar bisa lebih baik.

"Ini acara tahunan dan topiknya berbeda, kali ini UMKM karena saat ini sangat hebat sekali UMKM dan produksinya juga bagus, ini jadi salah satu peluang," tambahnya.



sumber : https://portaljember.pikiran-rakyat.com/jemberan/pr-161434767/rektor-universitas-jember-sarankan-umkm-kembangkan-marketplace-agar-jangkauan-pasar-lebih-luas?page=2 

0 comments:

Post a Comment