Tuesday, February 9, 2021

Pandemi Covid-19, Rahman Hasilkan 12 Juta Per Bulan dari Maggot

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyambangi petani maggot, Rahman, Selasa 9 Februari 2021. (Foto: Mikael Niman)

Rahman, petani maggot di RT 15/RW 04 Kelurahan Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, menghasilkan pendapatan Rp 12 juta per bulan.

Rahman memulai budidaya maggot sejak Agustus 2020. Penghasilan sebesar ini hanya dari penjualan maggot saja, belum dari penjualan budidaya lele yang dikelolanya.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, sangat terkesan dengan Rahman. Tri menuturkan, pandemi tentunya sangat berpengaruh kepada perekonomian masyarakat. Namun, hal ini berbeda dengan Rahman yang mampu tetap produktif dan mendapatkan penghasilan melebihi standar upah minimum regional (UMR).

“Luar biasa, di saat terkendala masalah ekonomi, tetapi Pak Rahman mampu untuk tetap produktif dan berpenghasilan melebihi standar UMR,” ujar Tri, Selasa (9/2/2021).

Tri meminta Rahman untuk membuka pelatihan budidaya maggot kepada masyarakat, menjadikan budidaya tersebut sebagai peluang membuka lahan bisnis baru dan UKM baru yang kemudian berimbas kepada terbukanya lapangan-lapangan kerja baru.

Tri berharap dengan adanya peluang bisnis tersebut dapat menghidupkan UKM-UKM baru. Selain itu, maraknya petani budidaya maggot dapat mengurangi bobot tonase sampah yang hendak dibuang ke TPA Sumurbatu, Bantargebang.

Sementara itu, Rahmad mengaku bersedia memberi kesempatan bagi masyarakat yang hendak belajar budidaya maggot.



sumber : https://www.beritasatu.com/megapolitan/730821/pandemi-covid19-rahman-hasilkan-12-juta-per-bulan-dari-maggot

0 comments:

Post a Comment