Wednesday, February 24, 2021

Menkop Sebut UMKM Sebagai Kekuatan Ekonomi Nasional, Bank OCBC NISP Konsisten Bantu Usaha Kecil

Presiden Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja (tengah), 2021.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki menyebut, keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat vital sebagai pertahanan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19 (virus Corona).

"UMKM sangat berperan vital terhadap pemulihan ekonomi nasional (PEN), pasalnya total keberadaan UMKM mencapai 64 juta pelaku, dengan serapan tenaga kerja mencapai 116 juta pekerja atau 97 persen dari angkatan kerja nasional," ujar Menkop UKM, Teten Masduki saat hadir sebagai keynote speaker di acara "Indonesia Economic Ideation" yang diselenggarakan secara virtual oleh Habitat for Humanity Indonesia dan TribunJatim Network, Kamis (28/1/2021) lalu.

Selaras dengan yang diutarakan oleh Menkop UKM, Bank OCBC NISP menyatakan, selain fokus pada Dana Murah (Casa) sebagai upaya menjaga keberlanjutan kinerja, di 2021 ini pihaknya juga memperhatikan kebutuhan serta tantangan yang dihadapi oleh nasabah korporasi, termasuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Melihat peran strategis UMKM dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional meskipun terdampak pandemi Covid-19, maka kami pun juga akan terus mendampingi dan membantu nasabah melewati masa-masa sulitnya sesuai dengan arahan pemerintah agar dapat bangkit untuk mengembangkan bisnisnya, bahkan berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional," ujar Direktur Bank OCBC NISP, Parwati Surjaudaja, Rabu (24/2/2021).

Parwati menjelaskan, pihaknya selalu aktif berdiskusi dengan nasabah dan menawarkan dukungan, baik relaksasi maupun restrukturisasi atas fasilitas pendanaan yang dimiliki.

Bahkan, di tahun 2020 kemarin, kata Parwati, Bank OCBC NISP juga secara khusus memberikan dukungan bagi pengusaha perempuan Indonesia melalui program #TAYTB Women Warriors dengan solusi menyeluruh.

Selain dukungan fasilitas pendanaan, lanjut dia, Bank OCBC NISP juga aktif memberikan program pemberdayaan wirausaha melalui kelas edukasi online bertajuk ONPreneurship & Wtalks yang topiknya disesuaikan dengan kebutuhan maupun tantangan yang dihadapi pelaku UMKM, khususnya wanita.

"ONPreneurship dan Wtalks itu rutin dilakukan satu kali dalam satu bulan dan telah diikuti oleh lebih dari 740 pelaku usaha hingga akhir tahun 2020," tandasnya.


sumber : https://jatim.tribunnews.com/2021/02/24/menkop-sebut-umkm-sebagai-kekuatan-ekonomi-nasional-bank-ocbc-nisp-konsisten-bantu-usaha-kecil 

0 comments:

Post a Comment