Thursday, February 18, 2021

Gojek Lanjutkan Edukasi Keamanan Digital untuk UMKM di Masa Pandemi

Foto: Gojek

Gojek berkolaborasi dengan Siberkreasi dan Kemenkominfo untuk kembali menggelar inisiatif edukasi keamanan digital bagi mitra usaha Gojek, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kegiatan ini bertujuan untuk semakin meningkatkan pengetahuan UMKM terkait berbagai modus penipuan digital.

Head of Merchant Platform Gojek Novi Tandjung menyampaikan upaya Gojek ini akan membantu melindungi mitra usaha dari modus penipuan rekayasa sosial (social engineering) oleh oknum, yang menyasar pelaku usaha di tengah tingginya adopsi digital masyarakat.

Berbagai pembekalan terkait keamanan digital selama tahun 2020 dikatakan Novi memberikan dampak positif bagi para mitra usaha. Mengacu ke survei Gojek, hampir seluruh mitra usaha atau 98% merasa yakin dapat mengembangkan bisnis dengan aman bersama Gojek setelah mendapatkan edukasi.

"Kami percaya edukasi merupakan langkah yang sangat efektif meningkatkan kewaspadaan mitra usaha terhadap berbagai modus penipuan oleh oknum. Inisiatif menyeluruh ini tidak hanya edukasi rutin mengenai langkah-langkah dalam memitigasi risiko penipuan, namun juga mendukung dari sisi peningkatan teknologi untuk keamanan mitra usaha," jelas Novi.

Ia menguraikan survei Gojek mengenai tingkat kepercayaan mitra usaha Gojek menunjukkan, mayoritas mitra usaha (82%) sudah memahami berbagai modus penipuan digital dan bagaimana menghindarinya.

Novi menambahkan, selain memberikan edukasi kepada mitra, Gojek turut memperkuat sistem keamanan di platform GoBiz. Penguatan tersebut dilakukan dengan menghadirkan fitur daftar mandiri, fitur Kelola Pegawai, dan Menu Bantuan yang dapat membantu mitra usaha untuk menghindari modus-modus penipuan. Berdasarkan hasil survei, mayoritas mitra (99%) menilai GoBiz konsisten mengembangkan sistem yang fokus melindungi keamanan digital.

Sementara itu, urai Novi, di sisi non teknologi Gojek aktif mengkampanyekan pesan edukatif 'JAGA' melalui berbagai kanal komunikasi mitra usaha. JAGA merupakan akronim dari pesan edukasi keamanan digital, yakni pertama jangan transfer uang ke siapapun. Selanjutnya, amankan data usaha dan data pribadi kode OTP, nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dan lainnya. Ketiga, gunakan fitur Kelola Pegawai di aplikasi GoBiz untuk melindungi data usaha Anda. Dan terakhir, adukan hal mencurigakan lewat menu 'Bantuan' di halaman lainnya pada aplikasi GoBiz.

Dikatakan Novi kelanjutan kerja sama dengan Siberkreasi Gojek menginginkan edukasi keamanan digital semakin memberikan dampak positif secara menyeluruh kepada ratusan ribu mitra usaha di ekosistem Gojek, tidak terbatas kepada pengguna GoBiz dan mitra usaha GoFood.

Nantinya, mitra usaha Gojek bisa mendapatkan materi-materi keamanan digital dari para mentor melalui sesi di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), sesi reguler Bincang Biznis GoBiz, Temu Midtrans, dan A Cup of Moka (ACOM). Selain itu, akan ada konten edukatif dapat diakses mitra usaha melalui media sosial Gojek seperti @gofoodpartners dan @gobizbygojek.

Di sisi lain, Ketua Siberkreasi Yosi Mokalu menuturkan edukasi keamanan digital merupakan langkah yang tepat untuk melindungi para pelaku UMKM yang saat ini gencar penetrasi di platform digital.

"Kami optimis dengan menjangkau mitra usaha atau pelaku UMKM, yang kita ketahui merupakan mayoritas pengguna platform digital selama pandemi, akan menjadi langkah yang tepat dalam upaya meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Kerja sama antara Gojek dengan Kementerian Kominfo dan Siberkreasi ini merupakan salah satu bentuk dukungan untuk memajukan SDM dan UMKM dalam rangka Transformasi Digital Indonesia," ulas Yosi.

Novi menimpali Gojek secara berkelanjutan terus mengembangkan sistem keamanan dan juga memperluas edukasi untuk meningkatkan kompetensi keamanan digital segenap mitra usaha.

"Melalui kolaborasi dengan Siberkreasi, kami berharap lebih banyak lagi mitra usaha yang sukses mengembangkan bisnis dan merasa #AmanBersamaGojek," tuntas Novi.



sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-5379970/gojek-lanjutkan-edukasi-keamanan-digital-untuk-umkm-di-masa-pandemi

 

0 comments:

Post a Comment