Sunday, February 21, 2021

Dinilai Sangat Penting, Pemerintah Berikan Stimulus Bantuan UMKM Sebesar Rp150,1 Triliun

Ilustrasi: Seorang pelaku UMKM. /Indonesiago/

Di tengah pandemi Covid-19, kebangkitan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan hal yang sangat penting sebagai pemilih ekonomi nasional.
Karena itu, pemeritah memutuskan untuk memberikan stimulus bantuan UMKM.

Untuk diketahui, Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan, jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia mencapai 64,1 juta unit atau sekitar 99 persen dari total pelaku usaha yang ada di negara ini.

Kontribusi sektor tersebut terhadap penyerapan tenaga kerja di tanah air di tengah pandemi Covid-19 pun cukup signifikan.

Sektor disebut mampu menyerap 116 juta tenaga kerja dan berkontribusi sekitar 58 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Sektor UMKM menjadi sektor usaha yang mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah, termasuk diberikan sejumlah stimulus.

Tahun 2021, bersama BUMN, sektor UMKM mendapatan alokasi dana stimulus dari pemerintah sebesar Rp150,1 triliun.

Meskipun, dibandingkan alokasi tahun lalu sebesar Rp177 triliun, alokasi itu susut 15 persen. Namun, stimulus itu tetap besar nilainya.

Alokasi dana stimulan itu merupakan bagian dari total anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 sebesar Rp619 triliun.

Khusus untuk anggaran PEN 2021, pemerintah sebelumnya mengajukan nilai sebesar Rp533,1 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 akan meningkat hingga total menjadi Rp619 triliun.

“Tadi malam kami berdiskusi dengan menko dan menteri yang lain kalau angka ini akan meningkat hingga Rp619 triliun,” kata Menkeu Sri Mulyani secara daring dalam Mandiri Investment Forum 2021 dikutip dari Indonesia.go.id, Rabu (3/2/2021).

Menurut Menkeu Sri Mulyani, kenaikan anggaran PEN 2021 digunakan untuk menghadapi ketidakpastian akibat Covid-19 termasuk untuk BLT.

Selain itu, program pemulihan ekonomi ini juga akan memberikan insentif perpajakan untuk dunia usaha sekitar Rp42 triliun, insentif perpajakan untuk dunia usaha sekitar Rp42 triliun, atau bahkan mendekati Rp60 triliun.

Selain itu dana tersebut juga dialokasikan untuk sektor kesehatan sebesar Rp104,7 triliun yang digunakan untuk program vaksinasi, fasilitas medis dan infrastruktur, biaya klaim perawatan, insentif tenaga kesehatan dan santunan kematian, serta bantuan iuran BPJS untuk PBPU/BP.

Sementara itu, anggaran perlindungan sosial sebesar Rp150,96 triliun untuk Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), kartu sembako, kartu prakerja, bantuan langsung tunai (BLT) dana desa, bantuan sosial tunai bagi 10 juta KPM, subsidi kuota internet, dan diskon listrik.

Untuk program prioritas, pemerintah menganggarkan Rp141,36 triliun yang dialokasikan untuk mendukung sektor pariwisata, ketahanan pangan, pengembangan ICT, pinjaman ke daerah dan subsidi pinjaman daerah, stimulus padat karya K/L, kawasan industri, dan program prioritas lainnya.


sumber : https://lamongantoday.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-771470437/dinilai-sangat-penting-pemerintah-berikan-stimulus-bantuan-umkm-sebesar-rp1501-triliun?page=3

1 comment:

  1. PINJAMAN PELUANG:

    Apakah Anda Meminta pinjaman yang aman?
    Apakah Anda kesulitan mendapatkan pinjaman untuk modal kerja dari lokal
    Bank dan lembaga keuangan lainnya?

    Layanan ini memberikan dukungan finansial kepada individu,
    Pengusaha dan wanita dalam bisnis.
    Jika anda berminat, silahkan hubungi kami sekarang via email:
    margretmarita@gmail.com: Kami siap melayani anda
    https://margretmarita.wixsite.com/mysite/services

    Email kami sekarang di: margretmarita@gmail.com
    Untuk mendapatkan formulir permohonan pinjaman.

    Salam Hormat,
    Margret Marita Pinjaman Perusahaan.

    ReplyDelete