Monday, February 1, 2021

BSSN Gelar Program Penerapan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi UMKM

BSSN

Badan Siber dan Sandi Negara kembali melaksanakan Program Penerapan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi bagi Pelaku UMKM secara Nasional.

Program dengan tema “Mari Kita Bersama Mewujudkan Keamanan Nasional dan Meningkatkan Pertumbuhan Perekonomian Nasional" itu dilaksanakan di kota Ambon pada 27-28 Januari 2021. Acara sendiri diikuti oleh sekitar 70 pelaku UKM di Ambon.

Kota Ambon dipilih menjadi lokasi perdana di tahun ini dalam pelaksanaan Program Penerapan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi (PAMAN KAMI) bagi pelaku UMKM secara Nasional. Dalam pelaksanaannya, BSSN bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku.

PAMAN KAMI sendiri merupakan tools yang dapat digunakan sebagai mekanisme awal untuk mengukur tingkat keamanan informasi sistem informasi yang dimiliki pelaku UMKM. Diharapkan secara bertahap, pelaku UMKM dapat memenuhi seluruh tahapan keamanan informasi sehingga resiko keamanan dapat diminimalisir serta dapat membangun dan mengembangkan usahanya dengan lancar dan aman dari serangan siber. Hal ini menjadi sangat penting mengingat semakin berkembangnya teknologi informasi maka akan semakin besar kemungkinan atau upaya serangan siber yang menargetkan usaha atau bisnis berbasis digital.

Direktur Proteksi Ekonomi Digital, Anton Setiyawan, mengatakan saat ini digitalisasi dan ekonomi digital menjadi penopang dari ekonomi nasional dan tentu pelaku utamanya adalah teman-teman UMKM yang 96% mendukung ekonomi nasional dan yang 60% adalah penyumbang GDP nasional.



sumber : https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210201/52/1350861/bssn-gelar-program-penerapan-penilaian-mandiri-keamanan-informasi-umkm


Ikuti bagaimana cara TITIPKU membantu UMKM dalam acara StartSMEup Talk - 05 Feb 2021, daftar segera di https://s.id/eventcerdas5feb

0 comments:

Post a Comment