Tuesday, February 9, 2021

Begini Saran Ibas untuk Bantu UMKM yang Omzetnya Merosot Selama Pandemi Covid-19

Ibas Yudhoyono. (Instagram/@ibasyudhoyono)

Pandemi Covid-19 memberikan dampak di sektor perekonomian negeri. Termasuk bagi para pelaku UMKM yang mengalami penurunan omzet akibat dari masa pandemi Covid-19.

Terkait hal itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono menyebutkan terdapat cara bisa diterapkan pelaku UMKM untuk membantu meringankan beban akibat pandemi. Adapun langkah tersebut saatnya para pelaku UMKM memanfaatkan internet sebagai media pemasaran.

“Dengan ilmu bisnis online secara kreatif, pegiat UMKM bisa mendapat pasar yang lebih terbuka, misalkan yang tadinya dipesan dalam jangkauan dekat saja, kini bisa dapat pasar baru yang jangkauannya jauh,” ujar Edhie kepada wartawan, Rabu (10/2/2021).

Pria yang akrab disapa Ibas ini mengakui, di dalam sebuah perjalanan usaha hambatan pasti selalu ada. Namun yang berpengaruh pada akhirnya adalah tekad yang kuat.

“Kuatkan tekad untuk memulai bisnis online, tanamkan semangat itu dan teguhkan prinsip sukses dalam keberhasilan. InsyaAllah bisa!,” jelas Ibas.

Lebih jauh Anggota Komisi VI DPR RI ini menyarankan agar UMKM bisa bergabung dalam berbagai kemitraan dan organisasi kewirausahaan. Dengan memperluas kerja sama dan jaringan, UMKM bisa mengadopsi pemanfaatan teknologi dan memiliki pasar yang lebih terbuka.

“Keterbatasan waktu, sempitnya tempat usaha, daya beli yang lesu, jaringan teknologi yang belum menyeluruh, dan kendala teknologi pasti tidak mudah diatasi Bapak dan Ibu sekalian,” paparnya.

Selain itu Ibas berujar bahwa dirinya akan terus mendorong peningkatan program BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) dan memastikannya diterima masyarakat di Dapilny.

Sebab, program ini sangat penting untuk rakyat kecil, terutama pelaku UMKM. Oleh karena itu, melalui kemitraan terkait, dirinya akan memastikan program ini bisa diterima dengan cepat dan tanpa pungli.

“Jika UMKM kita sehat dan bangkit, maka ekonomi bangsa kita pun kuat dan pulih,” tutup Ibas.


sumber : https://www.indozone.id/news/WYsvpxm/begini-saran-ibas-untuk-bantu-umkm-yang-omzetnya-merosot-selama-pandemi-covid-19/read-all

0 comments:

Post a Comment