Thursday, January 28, 2021

Undip Dampingi Pengrajin Batik Bikin Website

Mahasiswa KKN Tematik, Clement Yohanes saat mendampingi pembuatan website pengrajin batik Semarangan, di Semarang, Kamis (28/1/2021). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

Kampung Batik Semarang merupakan semua destinasi wisata di kota Semarang yang berfokus pada pengenalan proses pembuatan batik, dan sekaligus merupakan sentra penjualan batik motif Semarangan. Kampung ini terletak di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur. Kampung Batik Semarang memiliki beberapa UKM produksi kain baik, yang meiliki macam motif dan teknik seperti batik tulis, batik celup, batik modern dan lainnya.

Selama ini pemasaran batik baru sebatas wisatawan dan pengunjung dari berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini juga terhambat karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat akibat pendemi Covid-19. "Untuk mengingkatkan promosi Kampung Batik Semarang diperlukan sarana promosi dan pemasaran melalui website dan market place seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Harapannya pembeli tidak harus datang, cukup mendapatkan informasi dari website dan market place," ungkap mahasiswa KKN Tematik, Clement Yohanes di Semarang, Kamis (28/1/2021).

Pembuatan E-Commerce ditujukan kepada salah satu UKM yang ada di Kampung Batik yaitu, Batik Temawon. Pembuatan E-commerce unutk Batik Temawon memanfaatkan fasilitas beberapa media yang dapat digunakan secara gratis. Pembuatan Website menggunakan Word-press, /batiktemawonsemarang.wordpress.com sebagai media pembentukan, dan sebagai media transaksi menggunakan Shopee, shopee.co.id/batiktemawon_semarang. Kedua E-commerce ini dapat digunakan secara gratis yang dapat menekan biaya oprasional bagi UKM yang menggunakannya.

Penggunaan website di gunakan sebagai media promosi yang berisikann tentang pengenalan mengenai toko atau UKM Temawon, yang terintegrasi dengan media jual beli Shopee. Di dalam E-Commerce Shopee pelanggan dapat melihat produk apa saja yang tersedia serta dapat mendapatkannya dimana pun mereka berada.

"Hal ini dikarenakan Shopee menyediakan beberapa fasilitas pembayaran, melalui beberapa bank, dan beberapa partner E-money serta juga terintrgrasi dengan layanan jasa pengiriman," katanya.

Keunggulan penggunaan e-commerce in adalah penjual tidak perlu takut jika terjadi penipuan, dikarenakan semua transaksi di jamin oleh pihak ketiga, dan sangat mudah untuk dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Adanya E-commerce diharapkan mampu mendongkrak penjualan serta memperluas jaringan dari UKM yang ada di kampung batik. Serta kemudahan yang ditawarkan dapat membuat kinerja dari UKM menjadi lebih mudah dan effisien.


sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/324158/undip-dampingi-pengrajin-batik-bikin-website


Ikuti bagaimana cara TITIPKU membantu UMKM dalam acara StartSMEup Talk - 05 Feb 2021, daftar segera di https://s.id/eventcerdas5feb

0 comments:

Post a Comment