Sunday, January 10, 2021

Pencairan BPUM Belum 100 Persen

Bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) di Penajam Paser Utara (PPU) belum cair 100 persen. Ya, stimulus dari Kementerian Koperasi dan UKM masih ada sekitar 2 ribu calon penerima yang belum mendapat transfer dari pemerintah pusat. Itu disampaikan Kepala Disperindagkop UKM PPU Sukadi Kuncoro, (8/1).

Disebutkan, ada sekitar 16 ribu pelaku usaha di PPU yang terdata sebagai penerima BPUM tersebut. Sesuai Keputusan Presiden (Kepres) dalam rangka pemulihan ekonomi terkait dengan pembiayaan usaha, nilainya Rp 2,4. "Bantuan stimulus itu langsung ditransfer ke rekening penerimanya," kata Kuncoro.

Dikatakan, selain dari Disperindagkop, bank dapat mengajukan nasabahnya sebagai penerima BPUM. Dan dari total calon penerima tersebut masih ada 2 ribu orang belum mendapat transfer. "Total seluruhnya ada 16 ribu UMK yang sudah terverifikasi. Tinggal sekitar 2 ribu yang belum dilakukan pencairan," sambungnya.

Dari total 2 ribu yang belum cair, 400 di antaranya terkendala kesalahan ketik nama. Sehingga harus dilakukan revisi. "Iya, proses pencarian bantuan tidak bisa dilakukan kalau ada huruf yang beda sehingga tidak sesuai dengan NIK. Jadi itu butuh waktu untuk melakukan perubahan, karena harus langsung ke BRI pusat di Jakarta," imbuhnya.


sumber : https://kaltim.prokal.co/read/news/381782-pencairan-bpum-belum-100-persen.html

0 comments:

Post a Comment