Sunday, January 24, 2021

Malakatech.com Dukung UMKM dan Brand Lokal Melalui Program Tokobiz.id

foto: ist/antara

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 lalu telah melumpuhkan bisnis dari berbagaiskala. Dilansir dari Kompas.com, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mencatat 300.000 UMKM yang telah terpukul akibat pandemi.

Tidak sedikit UMKM yang terpaksa gulung tikar karena bisnis yang kian memburuk. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga menyulitkan UMKM untuk beroperasi seperti biasa.

Guna mempertahankan bisnis, pelaku bisnis perlu mencari inisiatif-inisiatif baru. Ada yang berpindah haluan bisnis yang dirasa lebih profitable, atau mengadopsi cara berjualan baru. E-commerce atau berbisnis online dapat membuka peluang baru bagi pelaku bisnis. Menurut survei oleh First Insight, 39% responden telah mengurangi kebiasaan berbelanja offline dan 30% mulai lebih sering berbelanja online sejak pandemi bermula.

Data temuan RedSeer juga menyebutkan bahwa pandemi akan melahirkan hingga 12 juta pengguna e-commerce baru. Hal ini disebabkan oleh upaya masyaraka tdalam meminimalisir aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain. Ramainya pasar e-commerce bisa menjadi target barubagi UMKM dan pelaku bisnis untuk mengembangkan maupun mempertahankan bisnis.

Fazal Hamdan (tengah) CEO dari Malakatech Indonesia

Bukan tidak mungkin bagi pelaku bisnis untuk langsung masuk ke industri e-commerce dan menjempu trezeki di sini. Namun perlu untuk memilih perahu yang tepat untuk mendayung dan menjelajahi perairan luas ini. Sebagai Perusahaan Penyedia e-commerce di Indonesia, Malakatech mengeluarkan Program Tokobiz.id yang memiliki misi untuk membantu brands berjualan online melalui inovasi teknologi yang ditawarkan.

Malakatech.com percaya bahwa setiap skala bisnis, dari mikro hingga besar, memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya di ranah online. Dari sini, lahirlah inisiatif Tokobiz.id diluncurkan oleh Malakatech.com, program ini untuk mendukung UMKM dan brand lokal dengan ragam inovasi teknologi yang terjangkau.

Pada program Tokobiz.id, Malakatech.com berupaya membuka kesempatan bagi UMKM dan brand lokal untuk mulai terjun kepasar e-commerce melalui berbagai platform, yaitu website toko online dengan Fitur Berbasis website, Integrasi WhatsApp, Marketplace, Pembayaran bank serta nanti ada aplikasi kusus yang bisa di Download di Google Playstore.

Fitur tersebut pada platform ini dapat menghubungkan pelaku bisnis dengan target pasar yang dituju, dengan pilihan paket berlangganan yang sesuai budget.“ Melalui teknologi, Malakateh.com berupaya membantu UMKM dan brand lokal yang berjuang mempertahankan bisnis offline-nya di tengah pandemi untuk masuk keindustri e-commerce dengan cepat, “ Kata Fazal Hamdan CEO dari Malakatech Indonesia, Sabtu (23/01/2021).






Join our webinar "Prepare Your Factory for WFH" pastikan kesiapan teknologi pabrik dalam mencapai transformasi digital di masa pandemi ini - 28 Jan 2021. Daftar segera di EventCerdas.com / https://s.id/epson28jan

0 comments:

Post a Comment