Thursday, January 28, 2021

Jurus Bandung Hidupkan Kembali Teras Cihampelas yang Sepi Akibat Pandemi

Suasana sepi di kawasan belanja sky walk Teras Cihampelas, Bandung, Ahad, 26 Jun 2020. Sebanyak 80 persen kios tutup selama pandemi melanda Indonesia sejak Maret lalu, beberapa tetap buka dengan penjualan nyaris nol. TEMPO/Prima Mulia

Sejak pandemi Covid-19 melanda, suasana Teras Cihampelas atau Skywalk Cihampelas di Kota Bandung yang biasanya ramai menjadi sepi. Hal tersebut berdampak pada banyaknya pedagang kaki lima yang gulung tikar.

Demi memulihkan perekeonomian para pelaku UMKM itu, Pemerintah Kota Bandung mulai mereaktivasi Teras Cihampelas. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan di lokasi itu bakal ada sisi kesenian yang dipersembahkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

"Mudah-mudahan dengan aktivasi kegiatan lewat seni atau budaya jadi tertarik kembali orang-orang berkegiatan di sini," kata Yana, Kamis, 28 Januari 2021.

Selain itu, kata Yana, akan dirancang jalur khusus sepeda sehingga bisa menjadi destinasi baru bagi pesepeda. Jenis kuliner yang dijual di sana pun akan ditambah agar makin menarik minat pengunjung.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Atet Handiman berencana mengundang pihak ketiga untuk terlibat dalam reaktivasi destinasi wisata di tengah kota tersebut. "UKM-nya disini sudah ada. Terpenting itu, konsep dari kita sehingga PKL-nya mengikuti saat menggunakan fasilitas di sini,” kata dia.

Akibat dampak pandemi, Atet menyebut ada sekitar 50 persen pedagang terpaksa gulung tikar. Hal itu berakibat pada banyaknya kios yang terbengkalai. "Mudah–mudahan dengan Pak Wakil ke sini APBD bisa mendukung perbaikan di Teras Cihampelas," kata Atet.




Ikuti bagaimana cara TITIPKU membantu UMKM dalam acara StartSMEup Talk - 05 Feb 2021, daftar segera di https://s.id/eventcerdas5feb

0 comments:

Post a Comment