Thursday, January 28, 2021

Dukung Kemenkop UKM Jadikan UMKM Penyelamat Ekonomi, Forkas Jatim Fokus Industri Kecil dan Besar

Eddy Widjanarko

Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur mendukung penuh terkait kebijakan Kementerian Koperasi dan UKM dalam menjadikan UMKM sebagai senjata utama untuk memulihkan ekonomi nasional.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ketua Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur Eddy Widjanarko saat hadir sebagai pembicara diacara "Indonesia Economic Ideation" yang diselenggarakan secara live virtual oleh Habitat for Humanity Indonesia dan TribunJatim Network, Kamis (28/1/21).

Diakui Eddy pertumbuhan UMKM sebagai industri kecil dari tahun ke tahun sangatlah pesat.

Menurut Eddy, pesatnya pertumbuhan industri kecil seperti UMKM lah yang akan sangat mengambil peran penting didalam pemulihan ekonomi nasional.

Kendati demikian, tetap diperlukan adanya sinergi antara industri besar dengan yang industri kecil.

"Kondisi itu lah yang akan difokuskan oleh kami, apalagi melihat Jawa Timur bisa dikatakan punya kekuatan industri paling besar di Indonesia," jelasnya.

Eddy menjelaskan, perlunya industri besar bersinergi dengan industri kecil berkaca pada perjalanan industri diera lama, khususnya pada tahun 90-2000an yang selalu menggunakan progam Connect dan mentoring.

Perusahaan besar selalu memerlukan industri kecil, yang mana agar bisa mengantarkan mereka (Perusahaan atau Industri Besar) untuk survive.

Dengan kata lain, lanjut Eddy, perusahaan besar akan selalu mencari banyak orang-orang baik yang bisa dipercaya, kemudian dibuatkan banyak industri kecil, tujuannya agar harga lebih murah dari pada kerja sendiri.

"Progam itu yang rencananya akan dipakai pihaknya dalam memfokuskan membangun pertumbuhan industri di Jatim," tandasnya.


sumber : https://jatim.tribunnews.com/2021/01/29/dukung-kemenkop-ukm-jadikan-umkm-penyelamat-ekonomi-forkas-jatim-fokus-industri-kecil-dan-besar


Ikuti bagaimana cara TITIPKU membantu UMKM dalam acara StartSMEup Talk - 05 Feb 2021, daftar segera di https://s.id/eventcerdas5feb

 

0 comments:

Post a Comment