Thursday, June 6, 2024

LPEI Siapkan Marketplace Dorong UKM Tembus Pasar Ekspor

 


Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Eximbank menyiapkan marketplace bernama Komodoin untuk mendukung usaha kecil menengah (UKM) tembus pasar ekspor.


Marketplace itu dirancang khusus sebagai sarana edukasi ekspor, layanan informasi, inkubasi, peningkatan kapasitas, dan tempat bertemunya seller dan buyer (business matching).

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menuturkan kemudahan dan ketersediaan pelayanan yang lengkap pada marketplace diharapkan dapat mendorong pelaku usaha berorientasi ekspor untuk berani mendunia.

Komodoin mulai diperkenalkan kepada ekosistem ekspor Indonesia pada Forum Berani Mendunia tanggal 1 Juni 2024 lalu. marketplace ini hadir untuk mempersatukan anak-anak bangsa dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha berorientasi ekspor.

"Komodoin akan menjadi penyedia end-to-end services milik lembaga pemerintah - LPEI yang saat ini diprioritaskan untuk meningkatkan volume transaksi dan jumlah pelaku UKM Indonesia berorientasi ekspor," ungkap Riyani melalui keterangan resmi, Kamis (6/6).

Komodoin, kata dia, ditargetkan mulai dapat diakses kepada publik pada Agustus 2024 mendatang dengan empat layanan, yaitu edukasi, kurasi, inkubasi, hingga transaksi untuk ekspor.

Riyani berharap Komodoin dapat membantu eksportir untuk bisa lebih cepat dan akurat dalam mengakses pasar dunia tanpa batas (cross border).

Riyani menyebut Komodoin akan berkolaborasi dengan berbagai mitra dari Kementerian terkait, perbankan, komunitas UKM ekspor, aggregator buyer di luar negeri, Diaspora, Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Atase Perdagangan.


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240606145533-532-1106701/lpei-siapkan-marketplace-dorong-ukm-tembus-pasar-ekspor

0 comments:

Post a Comment