Tuesday, May 28, 2024

UMKM Probolinggo Tumbuh dan Berkembang Bersama Indomaret

 


PROBOLINGGO-Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Probolinggo terus menggeliat. Di bawah naungan ASIPROTA (Asosiasi Produk UMKM Kota Probolinggo) dan dukungan pemerintah Kota Probolinggo, para pelaku UMKM semakin mendapat kesempatan untuk mempopulerkan produk unggulannya di pasar modern.

Salah satu yang berhasil adalah Iin Eko Variasih (51), yang sukses mengembangkan usaha keripik usus “Dwi Surya” sejak tahun 2020.

Pada April 2021, melalui fasilitasi ASIPROTA, produk keripik usus Dwi Surya lolos kurasi produk di Indomaret

Hal itu tak mudah. Sebab, keripik usus itu harus bersaing dengan 50 produk UMKM lainnya yang diajukan Dinas Koperasi, UKM Perdagangan & Perindustrian (DKUPP).

Saat ini, keripik usus Dwi Surya telah dipasarkan di gerai Indomaret di Kota Probolinggo.

Proses produksi keripik usus Dwi Surya sendiri dilakukan secara sederhana oleh Iin dan suaminya. Mulai dari pengolahan hingga distribusi.

"Awalnya, kami hanya mendistribusikan produk di toko-toko sekitar dengan omzet Rp 200.000 per bulan," ungkap Iin.

Nah, bergabungnya keripik usus Dwi Surya dengan Indomaret menjadi titik balik dalam perjalanan usahanya.

UMKM itu mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Kini, produk tersebut telah dijual di 70 outlet Indomaret di sekitar Kota dan Kabupaten Probolinggo dengan harga 23.000 per 250 gram.

Keberhasilan ini tak lepas dari prinsip menjaga kualitas dan kepercayaan konsumen yang dipegang teguh oleh Iin.

Dengan dukungan terus dari ASIPROTA, DKUPP Kota Probolinggo, dan Indomaret, Iin mampu meningkatkan perekonomian keluarga dan siap mendukung siapa pun yang ingin memulai usaha.

"Jangan takut untuk mencoba, harus memiliki keinginan dan mental yang kuat untuk melalui proses menuju hasil yang tidak instan," pesannya dengan semangat.

Kesuksesan keripik usus Dwi Surya menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya untuk terus berinovasi dan bersaing secara sehat di pasar yang kompetitif. (*)


Sumber: https://radarbromo.jawapos.com/probolinggo/1004698132/umkm-probolinggo-tumbuh-dan-berkembang-bersama-indomaret

0 comments:

Post a Comment