KUDUS - Dalam dunia usaha yang sudah tercipta situasi persaingan ketat, apalagi jika yang dilawan adalah perusahaan besar, tentu akan sulit untuk memenangkan persaingan.
Persaingan yang ketat juga menjadi mimpi buruk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan modal usaha yang tentu terbatas.
Apalagi jika UMKM tersebut baru didirikan. UMKM harus memiliki strategi bisnis tersendiri dalam menghadapi persaingan.
Berikut ini sejumlah strategi bisnis yang perlu dilakukan oleh pelaku UMKM :
1. Tingkatkan Penjualan
Tujuan dari strategi ini, yaitu untuk meningkatkan penjualan di pasar.
Ini bisa jadi tugas yang sulit karena harus mengalahkan pesaing yang ada. Namun ini adalah cara yang harus kamu lakukan.
Kamu harus bisa menembus pasar untuk memperkenalkan produk atau layananmu ke khalayak umum.
Menurunkan harga atau memberikan harga diskon bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan penetrasi pasar.
2. Gunakan Promosi Alternatif
Ada berbagai pilihan marketing Promotion dalam memasarkan produk atau jasamu.
Kamu bisa mencari alternatif terbaik yang cocok dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Internet sudah membuka saluran alternatif yang tak terhitung jumlahnya bagi pengusaha.
Kamu bisa mencari cara baru dan inovatif untuk menargetkan pasar baru.
Jika bisnis yang kamu bangun adalah bisnis online, kamu dapat mendirikan pop-up store atau menjual produkmu di pasar lokal.
Melakukan komunikasi tatap muka dengan pelanggan potensial merupakan cara terbaik membangun loyalitas merek.
Hal ini juga berlaku sebaliknya jika kamu beroperasi secara offline.
3. Tentukan Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar, yakni membagi pasar yang lebih luas menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil.
Pembagian kelompok biasanya berdasarkan informasi demografis atau perilaku membeli.
Kamu dapat memilih salah satu segmen tersebut sebagai target audiens.
Memasarkan ke kelompok pelanggan potensial yang sangat spesifik, berpeluang lebih mendatangkan profit ketimbang memasarkannya ke segmentasi yang lebih luas.
4. Membangun Kemitraan
Kamu perlu membangun kemitraan dengan sesama UMKM yang produk atau jasanya bersinergi dengan usahamu.
Dengan membangun kemitraan yang saling menguntungkan, kalian akan saling membantu untuk memunculkan merek ke pasar lebih luas.
Inilah pentingnya memilih mitra yang sinergis dari segi lini bisnis.
5. Gunakan Platform Pendukung
Guna membantu persaingan usaha yang ketat, kamu bisa menggunakan alat bantu pengelolaan penjualan online di berbagai channel penjualan, seperti website, marketplace, dan WhatsApp (Chat Commerce).
Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/04/ini-dia-5-strategi-bisnis-untuk.html
0 comments:
Post a Comment