Tuesday, April 16, 2024

Agar Makin Cuan UKM Perlu Bantuan Teknologi Kecerdasan Buatan

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usaha Kecil Menengah (UKM) memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mereka memiliki kontribusi secara signifikan terhadap bisnis dan lapangan kerja.

Sayangnya UKM kesulitan meningkatkan skala bisnis mereka ke tahap pertumbuhan lebih lanjut karena keterbatasan sumber daya untuk mengelola proses yang lebih kompleks.

Senior Vice President dan General Manager Salesforce Asean, Sujith Abraham mengatakan, saat ini banyak UKM Indonesia yang sangat membutuhkan bantuan untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui digitalisasi.


"Sebuah studi menunjukkan bahwa 60 persen UKM di Indonesia telah merasakan manfaat digitalisasi terhadap bisnis mereka misalnya kemudahan dalam mencari penyedia barang dan jasa serta menjangkau pelanggan," kata Sujith Abraham dalam keterangannya, Selasa (16/4/2024).

Namun demikian, kata dia seiring perkembangan teknologi khususnya kecerdasan buatan, UKM perlu cara-cara baru guna meningkatkan efisiensi dan melakukan inovasi untuk menghadapi tantangan dan lanskap bisnis yang semakin kompetitif.

"Aplikasi pro suite bisa membantu UKM untuk mengurai data silos yang menjadi penghambat mereka dalam menggunakan AI dan otomatisasi, serta menciptakan sistem yang terintegrasi untuk data pelanggan dengan data cloud yang jadi inti dari terjalinnya hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan," katanya.


Dengan demikian bisa menempatkan UKM pada posisi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta menjawab tantangan bisnis dan adanya teknologi kecerdasan buatan (AI) membantu UKM menjangkau, mendapatkan hingga mempertahankan pelanggan.

Salesforce meluncurkan Starter Suite pada tahun 2023 untuk membekali UKM dengan Customer Relationship Management (CRM) yang sederhana serta berbeda dari yang sudah ada dan dengan fitur yang mudah digunakan.

Sistem ini memungkinkan karyawan untuk mengerjakan tugas-tugas penting dengan cepat, termasuk melacak prospek penjualan, menangani kasus layanan pelanggan, mengirim email ke pelanggan, mencatat pembayaran langsung, dan masih banyak lagi.


Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/04/agar-makin-cuan-ukm-perlu-bantuan.html

0 comments:

Post a Comment