Tuesday, February 1, 2022

Banyak UMKM Ogah Go Digital karena Takut Mahal, Begini Solusinya

 Pelaku UMKM perlu banyak berinovasi demi menjaga kelangsungan bisnis, apalagi di tengah pandemi. Salah satu syarat mutlak yang harus ditempuh UMKM adalah digitalisasi.




Digitalisasi kerap menjadi kendala UMKM. Salah satu bentuk digitalisasi adalah dengan melakukan pemasaran secara online, lewat sosial media atau lebih jauh lagi melalui website sendiri.

Persoalannya, UMKM merasa membuat website memerlukan biaya yang tak sedikit. Padahal kini, membuat website toko sendiri sudah murah, bahkan hanya Rp 5.000

"Untuk mengatasi masalah digitalisasi UMKM yang seringkali menjadi kendala seperti biaya dan cara penggunaan yang biasanya sulit dan lama, telah hadir layanan baru yaitu 'Wordpress Hosting' dari IDCloudHost. Layanan ini merupakan terobosan, dengan harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 5.000,- perbulan. Antarmukanya mudah", ungkap Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost dalam keterangannya, Minggu (30/1/2022).

Alfi mengatakan, dengan memiliki website atau toko online sendiri, para pelaku umkm bisa memiliki mulai dari etalase produk, situs profil usaha portfolio hingga menjadi portal media sehingga dapat meraup penjualan lebih maksimal.

"IDCloudhost menyediakan solusi digitalisasi UMKM, berupa layanan self-hosted Wordpress yang praktis. Lebih menarik lagi, dengan layanan ini membuat semua orang, terlebih pelaku UMKM dapat membuat landing page, website atau toko online sendiri secara cepat, cukup dalam waktu 5-10 menit saja," tambah Alfi.

Lebih luas, para blogger, startup dan wordpress developer pun dapat menikmati layanan web developer ini.

Dikatakannya, layanan Web Instant langsung aktif 5 menit setelah pembayaran. Dapat disimpulkan bahwa selain enteng di kantong, layanan yang user friendly dengan interface/antarmuka yang mudah dilengkapi pelayanan customer ser

"Menjadi tugas kami bagaimana layanan ini dapat dimanfaatkan dan berperan membantu pemerintah meningkatkan angka pelaku UMKM Digital di Indonesia dalam rangka digitalisasi umkm, sehingga dapat membantu teman - teman wirapreneur meningkatkan kinerja dan laba usahanya, pungkas Alfi".

WordPress juga telah didukung oleh Sistem Anti DDOS yang akan menjamin keamanan. Dukungan teknologi terbaru seperti SSD dan Litespeed Enterprise yang akan menjamin situs web tetap stabil walaupun ada ribuan pengunjung. Dengan begitu, digitalisasi UMKM akan menjadi lebih kuat dan sustainable.

"Bagaimana anak bangsa dapat mendukung Digitalisasi UMKM sejalan dengan program Presiden Jokowi dalam mewujudkan 30 juta UMKM Go Digital hingga tahun 2024, adalah apa yang coba kami hadirkan," ujarnya.

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5921400/banyak-umkm-ogah-go-digital-karena-takut-mahal-begini-solusinya.


0 comments:

Post a Comment